CAZH dan Pemkot Makassar Diskusi Digitalisasi UMKM

MAKASSAR – Keseriusan Pemkot Makassar dalam mengembangkan sektor UMKM dengan digitalisasi tercermin pada diskusi telekonferensi yang diselenggarakan Indigo Hub Makassar bersama dengan CAZH, Selasa 10 November 2021. Diskusi daring tersebut bahkan langsung dihadiri oleh tiga kepala dinas, yakni Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kominfo serta Dinas Perikanan dan Pertanian.

Acara dibuka oleh Arin, Manager Indigo Hub Makassar dengan memperkenalkan program Indigo dari PT Telkom Indonesia dimana CAZH adalah salah satu start-up yang lahir dari program Indigo di tahun 2018. Sebagai salah satu program lanjutannya, maka Indigo Hub Makassar memfasilitasi perkenalan CAZH dengan Pemkot Makassar, karena CAZH dianggap memiliki layanan yang sesuai dengan kebutuhan Pemkot Makassar, terutama dalam pengembangan UMKM digital.

Diskusi berlangsung hangat, penuh diskusi dan tukar pikiran. CAZH sendiri diwakili Supriyanto, selaku Service Manager yang memaparkan platform digitalisasi UMKM untuk mendukung konsep “digital city” dengan beberapa apps yang sudah ada yakni CAZH POS, CAZH Commerce, CAZH Membership System serta CARDS Kartu Digital.

Fokus pada UMKM Kota Makassar sesuai informasi yang disampaikan Kepala Dinasnya, Tim CAZH menyatakan siap mendukung digitalisasi Pujasera yang kini tengah disiapkan oleh Pemkot untuk menampung sekitar 200 tenant UMKM di kota Makassar. Hal ini dapat menjadi pilot project untuk pengembangan dashboard pemantauan data UMKM serta pelaku sektor lain seperti pertanian dan perikanan yang menurut Dinas Kominfo, akan sangat membantu Pemkot Makassar.

Acara ditutup dengan kesepakatan bahwa akan ada FGD lanjutan, antara Pemkot Makassar, pelaku UMKM dengan CAZH dimana tempat FGD dijadwalkan akan difasilitasi oleh Indigo Hub Makassar. Semoga dapat segera direalisasikan.