CAZH Dukung Ponpes Al-Fattah Kikil, Pacitan Go Digital

PACITAN – Menindaklanjuti pembicaraan sebelumnya dengan Tim Pesantren Go Digital Telkom Indonesia, Tim CAZH akhirnya sampai ke Pondok Pesantren Al Fattah Kikil, Arjosari Kab. Pacitan, Jawa Timur. Tim yang dipimpin Hari Yuliawan, COO PT Cazh Teknologi Inovasi berjumlah empat orang, Roni Syaefudin, Antonius Sutopo dan Billisany Akhyar.

Bersama dengan Tim Pesantren Go Digital Telkom Indonesia yang sudah terlebih dahulu sampai Pacitan, Tim CAZH disambut oleh salah satu pimpinan Ponpes Al Fattah Kikil, Gus Hammam. Dengan sambutan yang sangat ramah dan hangat, khas Pesantren, Gus Hammam menjelaskan kondisi pesantren serta harapannya pada sistem digitalisasi pesantren agar mempermudah manajemen data dan keuangan pondok.

Setelah perkenalan, acara dilanjutkan dengan sosialisasi platform CAZH untuk pesantren, yakni sistem membership, billing dan aplikasi mobile Kartu Santri/CARDS – kartu digital. Puluhan perwakilan pengurus pesantren, putra dan putri tampak hadir dan antusias menyimak penjelasan yang disampaikan Hari Yuliawan, COO Cazh.

Pada sesi diskusi, juga dibahas bagaimana proses implementasi sistem CAZH di Ponpes, mulai dari persiapan data, migrasi data dibantu oleh Tim CAZH, hingga pencetakan kartu santri dan sosialisasi kepada para santri dan orang tua/wali yang bisa dilakukan secara daring/luring. Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Di akhir acara, Gus Hammam kembali menekankan pentingnya kesiapan Ponpes untuk bertransformasi dengan teknologi digital agar visi dan misi pesantren dapat lebih mudah tercapai dan berdampak lebih luas, juga agar dunia luar tahu bagaimana pesantren saat ini tidak hanya kaku dengan tradisionalitas, tetapi juga sudah sangat dinamis dan siap menerapkan manajemen berbasis teknologi digital.

Rencananya, Ponpes Al Fattah Kikil, Pacitan akan menjadi salah satu pilot project Pesantren Go Digital di wilayah Jawa Timur, dan PT Cazh Teknologi Inovasi siap menjadi mitra untuk mengimplementasikan program ini.