FAQ

Frequently Asked Questions

Penyedia Layanan

“CARDS – Kartu Digital” adalah aplikasi mobile untuk mengelola kartu digital anggota sebuah lembaga/organisasi, terhubung dengan Dashboard manajemen dan Point of Sale (POS).

  1. CAZH Dashboard, aplikasi berbasis web untuk manajemen lembaga. 
  2. CAZH POS, aplikasi mobile untuk kasir online dan manajemen unit bisnis/toko milik lembaga.

CARDS, CAZH Dashboard dan CAZH POS dikembangkan dan dikelola oleh PT Cazh Teknologi Inovasi.

PT Cazh Teknologi Inovasi legalitas badan hukumnya terdaftar di KemenkumHAM RI, juga terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Kemkominfo RI Nomor : 000570.01/DJAI.PSE/04/2021

Secara singkat, perusahan kami jelas legalitasnya.

Transaksi kami menggunakan layanan payment gateway Xendit, yang dikelola PT Sinar Digital Terdepan, yang merupakan salah satu Penyelenggara Sistem Jasa Pembayaran (PJSP) yang legal dan terdaftar di Bank Indonesia dan menerapkan

  • Payment Card Industry Data Security Standard : ISO/IEC 27001:2013
Selain itu untuk pengguna DANA dan LinkAja kami juga bekerjasama secara langsung dengan kedua aplikasi e-wallet tersebut, sehingga transaksi dijamin aman.
Partner, User, Member

Partner CARDS adalah lembaga/organisasi yang bekerja sama secara resmi dengan PT Cazh Teknologi Inovasi.

User CARDS adalah semua pengguna aplikasi mobile CARDS – Kartu Digital yang mendaftar secara mandiri atau didaftarkan oleh Partner.

Member CARDS adalah seseorang yang memiliki kartu dengan nomor dan QR Code yang di-generate dari sistem PT Cazh Teknologi Inovasi.

Misalnya : siswa/santri/staf dalam sebuah lembaga pendidikan. Data member disiapkan dan dikelola oleh Admin Partner.

Bisa, satu user CARDS dapat mengelola satu atau lebih kartu digital member CARDS.

Tentu saja bisa. Misalnya Anda dalah Guru di sebuah sekolah, maka Anda akan mendapatkan kartu digital sebagai member CARDS dan berhak mengelola kartu digital via aplikasi mobile CARDS.

Cukup mengunduh aplikasi mobile CARDS, lalu mendaftar akun pengguna dengan (1) Nomor HP yang aktif (2) Nama Lengkap sesuai Identitas dan (3) E-mail yang aktif.

Perubahan Nomor HP atau E-mail User CARDS hanya dapat dilakukan oleh kami, silakan Hubungi CS CARDS.

  • Melakukan kontrak kerjasama secara resmi, secara online maupun offline dengan PT Cazh Teknologi Inovasi
  • Menyediakan data yang dibutuhkan dalam proses persiapan dan implementasi.
  • Membayar biaya sesuai ketentuan dan kesepakatan dalam perjanjian kerja sama.
Pengamanan Transaksi
  • Transaksi CazhPOIN diamankan dengan PIN Utama (PIN User)
  • Transaksi kartu diamankan dengan PIN Kartu 

Lembaga partner kami berhak menentukan untuk memberlakukan PIN Kartu atau tidak pada transaksi offline di outlet/kantin/toko milik lembaga

Kapan pun, jika dibutuhkan, PIN Kartu dapat diganti oleh Pengguna melalui aplikasi CARDS.

  • Klik gambar kartu aktif
  • Klik menu tiga titik di atas kartu
  • Klik Ubah PIN Kartu
  • Masukkan 6 digit PIN kartu lama
  • Buat 6 digit PIN Kartu baru 
  • Simpan. 

Pengguna dapat mereset PIN Kartu dengan cara:

  • Klik gambar Kartu
  • Klik menu ikon tiga titik di pojok kanan atas
  • Klik menu Reset PIN Kartu
  • Pilih mengirim PIN Kartu via SMS atau Email

PIN Kartu yang direset, dapat diubah lagi sesuai keinginan Pengguna dari menu ikon tiga titik di pojok kanan atas Kartu > Ubah PIN Kartu

Pengguna dapat mereset PIN Utama dengan cara:

  • Klik menu Akun
  • Klik menu Reset PIN Utama
  • Pilih mengirim PIN Utama baru via SMS atau Email

PIN Utama yang direset, dapat diubah lagi sesuai keinginan Pengguna dari menu Akun > Ubah PIN Utama

Jika dikirim via SMS, Reset PIN Utama pulsanya kami yang menanggung, bukan pengguna atau mitra. Kami tanggung semua.

Transfer dan Tarik "Saldo"

Ya, user Cards dapat mentransfer “saldo” CazhPOIN mereka ke user lain dengan memasukan nomor HP user tujuan dan verifikasi keamanan dengan PIN Utama. Biaya administrasi transfer 2.000/transaksi.

Ya, Isi Kartu dapat dipindahkan ke (1) CazhPOIN user, dan (2) ke Kartu lain dengan memasukkan Nomor Kartu tujuan dan verifikasi keamanan dengan PIN Kartu. Biaya admin 2.000/transaksi.

Tidak. CazhPOIN tidak dapat ditarik tunai langsung ke rekening Bank user. Tetapi jika terhubung dengan DANA, maka user dapat melakukan top-up DANA lalu menariknya melalui mekanisme yang ada pada aplikasi DANA. Biaya top-up DANA 2.500/transaksi.

Isi kartu member dapat ditarik tunai melalui merchant/unit bisnis milik lembaga, dengan biaya 2.000/transaksi. Dengan catatan unit bisnis milik lembaga menyediakan uang tunai sejumlah yang dibutuhkan.

Tarif, Cashback dan Bonus

Investasi untuk implementasi dan training langsung di lokasi, bergantung lokasi lembaga partner.

  • Jawa : 5-10jt
  • Bali, NTB, NTT : 7-10jt
  • Sumatera, Kalimantan, Sulawesi : 15-30jt
  • Maluku-Papua : 25-35jt

Tarif dapat dinegosiasikan.

  • Rp 15.000/kartu Tanpa foto
  • Rp 20.000/kartu Tanpa foto + Lanyard
  • Rp 25.000/kartu + Foto 
  • Rp 30.000/kartu + Foto + Lanyard

Biaya penggantian kartu rusak atau hilang sama dengan biaya cetak baru.

  • Rp 1.000.000/unit lembaga pendidikan, per-bulan;
    atau;
  • Rp 5.000/member per-bulan, dibayarkan secara kumulatif oleh partner, bulanan atau tahunan.

Pembayaran kumulatif langganan tahunan akan mendapatkan diskon khusus.

Biaya implementasi dan langganan sitem masih dapat dinegosiasikan dengan Tim Sales Marketing CARDS.

Pengisian CazhPOIN

  • Gratis untuk nominal min. 500.000-2.000.000
  • 5.000/transaksi (nominal 10.000-499.999)
  • 1000/transaksi untuk pengisian massal oleh lembaga partner
  • 2000/transaksi untuk pengisian oleh kasir outlet (secara tunai)
  • 1000-2000/transaksi untuk pengisian oleh User CARDS
  • Beberapa lembaga partner menggratiskan biaya pengisian kartu menggunakan CazhBox/POIN di aplikasi CARDS
  • 2.500/transaksi via CazhPOIN
  • 7.500/transaksi via Bank, Minimarket atau E-wallet
  • 2% dari total invoice khusus via saldo Dana

Catatan : Beberapa lembaga partner memberi subsidi biaya transaksi hingga menggratiskan biaya pembayaran tagihan via CazhPOIN, sesuai kesepakatan dengan kami.

Jika disepakati di depan, sebelum MoU, maka cashback untuk pendaftar dapat dimungkinkan. Besarannya bervariasi bergatung kesepakatan dengan tim marketing kami.

Siapa saja yang mereferensikan lembaga partner baru hingga sukses transaksi pembayaran implementasi, dan cetak kartu, dapat menerima komisi 10-20% dari total biaya implementsi, atau cetak kartu.

Silakan daftar via https://cards.co.id/referral

Rekening Bank

Biasanya pembayaran biaya implementasi dan langganan via invoice yang otomatis di-generate sistem CAZH. Tetapi pada kondisi tertentu partner juga dapat membayar dengan cara transfer langsung ke rekening perusahaan kami.

  • BRI
    No. Rek. 007701002531303
    a.n. PT Cazh Teknologi Inovasi
  • Mandiri
    No. Rek. 1800004789857
    a.n. PT Cazh Teknologi Inovasi
  • BSI
    No. Rek . 7177552218
    a.n. PT Cazh Teknologi Inovasi
  • BCA
    No. Rek. 0462539426
    a.n. PT Cazh Teknologi Inovasi

WA : 08112602811

Tanya Jawab Umum Lainnya

CAZH POS dapat digunakan hanya dengan sebuah ponsel pintar atau tablet berbasis android. Tidak perlu komputer.

Jika dibutuhkan, kasir merchant dapat dilengkapi dengan:

  • Thermal printer portable, untuk mencetak struk.
  • Barcode Scanner, untuk memindai barcode produk.

Hal ini bersifat opsional, tidak wajib.

Kartu member dapat digunakan hanya di outlet/ merchant yang dikelola oleh Lembaga. Jika ada merchant/outlet di luar lembaga yang ingin menerima transaksi kartu member, lembaga dapat mendaftarkannya kepada CS CARDS, dengan biaya langganan terpisah.

Proses pencetakan kartu tergantung jumlah dan kesiapan data. Rata-rata untuk jumlah dibawah 1000 member, waktu proses hanya sekitar 7 hari. 

Bantuan Teknis

Senin-Jum’at | 09.00-17.00 WIB

hello@cards.co.id