Mulai September, SD UMP Efektifkan Pembayaran Online

PURWOKERTO – Setelah melakukan persiapan dan migrasi data, SD UMP Purwokerto yang berlokasi di Jl Senopati, Dukuhwaluh, Kec. Kembaran, melakukan sosialisasi kesiapan penggunaan platform CARDS melalui konferensi video daring bersama ratusan wali murid pada Rabu, 1 September 2021 mulai pukul 13.00 WIB. Acara dibuka oleh Kepala SD UMP, dilanjutkan dengan penjelasan teknis penggunaan aplikasi CARDS dan diakhiri dengan tanya jawab.

“Mulai September ini insya Allah sistem sudah siap dan kita akan mulai menggunakan sistem pembayaran online, secara bertahap juga akan digunakan fitur-fitur lainnya sehingga mendukung pembelajaran tatap muka terbatas sesuai kebijakan Pemerintah” ujar Nofiyanto, S.Pd, Kepala SD UMP.

Pada sesi penjelasan teknis penggunaan aplikasi CARDS, perwakilan PT Cazh Teknologi Inovasi, Supriyanto menjelaskan tata cara pendaftaran, login, pengisian saldo orang tua, pengelolaan kartu hingga pembayaran tagihan dan pengelolaan akun.

Pada CARDS versi 1.0.6 di android maupun iOS, sudah ada penambahan fitur baru, yakni pengumuman sekolah dan donasi. Fitur presensi dan rapor juga sudah disiapkan, namun belum dapat digunakan, rencananya kemungkinan diluncurkan pada akhir semester pertama tahun ajaran ini.

Pada sesi tanya jawab, banyak sekali pertanyaan dari para wali murid yang antusias dengan sistem baru ini. Ada pertanyaan tentang cara mendaftar, apakah dapat mengelola beberapa anak sekaligus, cara pengisian saldo dari bank yang berbeda dengan tiga Bank yang ada di CARDS, hingga keamanan kartu, dan penggunaan kartu sebagai media transaksi di kantin sekolah.

Semua pertanyaan dapat dijawab secara singkat melalui forum ini, meskipun masih ada pertanyaan yang belum terbaca karena keterbatasan waktu. Moderator menutup forum ini pada pukul 14.30, dengan komitmen seluruh pertanyaan wali murid dapat tetap dilayani setiap hari dan jam kerja melalui nomor WhatsApp Customer Service CARDS.