SD UMP Sosialisasikan Program Kartu Digital Siswa

PURWOKERTO – Sekolah Dasar UMP melakukan sosialisasi program Kartu Digital Siswa kepada orang tua/wali murid kelas I-V secara daring, pada hari Sabtu, 12 Juni 2021 secara daring melalui zoom. Kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB, dibuka dengan sambutan dari Kepala SD UMP, dilanjutkan penjelasan program dari Tim CARDS kemudian sesi tanya jawab dengan peserta.

“Dalam rangka meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi dan keuangan SD UMP, kami bermaksud mengimplementasi program kartu digital siswa. Hal ini untuk mengurangi beban di bagian Tata Usaha yang selama ini cukup kerepotan mengelola satu rekening sekolah untuk beragam pembayaran dari seluruh wali siswa” ujar Nofiyanto, S.Pd, Gr, Kepala SD UMP.

Pada sesi penjelasan program, dijelaskan mengenai solusi kartu digital siswa sebagai medium transaksi di kantin sekolah yang terintegrasi dengan aplikasi mobile untuk orang tua, sehingga saldo kartu untuk uang saku harian maupun pembayaran tagihan biaya pendidikan dapat dilakukan oleh orang tua secara online dan tepat, tanpa harus repot konfirmasi satu per satu.

“Digitalisasi transaksi di sekolah dan pembayaran secara online nantinya akan meningkatkan efisiensi manajemen sekolah, kami berharap orang tua juga mendapatkan manfaat lebih, dengan tambahan fitur laporan nilai dan rapor melalui aplikasi CARDS” jelas Supriyanto, selaku CARDS Account Manager, mewakili PT Cazh Teknologi Inovasi.

Pada sesi tanya jawab, puluhan orang tua siswa sangat antusias menyampaikan berbagai pertanyaan dan masukkan. Mulai dari masalah keamanan saldo kartu, solusi apabila satu orang tua memiliki dua anak, antrian di kantin hingga proses pembayaran biaya pendidikan via bank dan minimarket.

Kegiatan berlangsung sangat interaktif, sampai ditutup oleh moderator sekitar pukul 11.15 WIB. Kegiatan ini merupakan tahap awal sebelum implementasi CARDS di SD UMP. Rencananya pekan depan, tahap berikutnya yakni penandatanganan perjanjian kerja sama akan dilakukan. Disusul dengan pendataans siswa, setting data pada sistem, workshop untuk staf Tata Usaha dan Guru, serta ujicoba transaksi di kantin/kafe sekolah. (sy)