Silaturahmi Dengan Gus Luqman, Ketua Ansor Banyumas

PURWOKERTO – Sabtu malam, 17 April 2021 selepas sholat tarawih, kami berkesempatan bertemu dan berdiskusi cukup panjang dengan Mohammad Luqman atau yang lebih sering disapa akrab Gus Luqman, seorang ulama muda pengurus Ponpes Nurul Iman, sekaligus ketua GP Ansor PC Banyumas.

Diskusi kami awali dengan perkenalan profil Ponpes Nurul Iman, yang berlokasi di Pasir Wetan, Kec. Karanglewas. Ponpes yang berdiri sejak 1992 ini, memiliki beberapa lembaga pendidikan, mulai dari TPQ, Madrasah hingga Pesantren yang dihuni total sekitar 700 santri. Dimana 150 diantaranya bermukim di Pesantren. Asal mereka pun beragam, baik dari Kab. Banyumas, Cilacap hingga Purbalingga.

Ketika berbicara tentang sistem pembayaran digital dan transaksi non-tunai serta kartu santri digital, Gus Luqman tampak sangat antusias. Kami jelaskan bahwa CARDS adalah aplikasi kartu digital yang diperkaya fitur pembayaran digital dan bisa digunakan untuk transaksi non-tunai di Pesantren, cocok untuk era new-normal dalam Pandemi Covid-19.

“Dulu kami sempat menggunakan layanan salah satu bank syariah, santri mendapatkan kartu ATM dan transaksi menggunakan EDC, tetapi kini tidak lagi, karena kami rasa kurang efektif” ujar Gus Luqman.

Mendengar CARDS ini bisa menyediakan kartu santri degan desain custom, bisa jadi identitas sekaligus bisa diisi saldo sehingga santri dapat menyimpan uang saku di kartu dengan aman, Gus Luqman mengaku sangat tertarik. Ia berjanji akan memfasilitasi komunikasi berikutnya dengan pengasuh Ponpes Nurul Iman sekaligus beberapa Ponpes lain yang dikenalnya.

“Insya Allah, semoga bermanfaat jika digunakan di Ponpes Nurul Iman, lalu kita bisa kenalkan ke pesantren lain juga” tambah Gus Luqman.

Dalam pertemuan yang santai penuh canda tawa tersebut, perwakilan CARDS juga diperkenalkan dengan beberapa pengurus GP Ansor dari Kec. Purwojati dan Baturraden. Alhamdulillah, pertemuan berakhir menjelang tengah malam, kami berpamitan dan pulang dengan harapan, sistem dan aplikasi CARDS dapat membantu manajemen data dan pembayaran digital di Ponpes Nurul Iman khususnya, dan pada lembaga pendidikan lain di Kab. Banyumas. (sy)