Diperbaharui pada tanggal: 13 Desember 2023
Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi CARDS (“Syarat dan Ketentuan CARDS”) ini mengatur syarat dan ketentuan untuk pengaksesan Aplikasi CARDS (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) dan/atau penggunaan Layanan CARDS (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) oleh Anda (“Anda” atau “Pengguna”) termasuk setiap dan semua Fitur (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) yang ada di dalamnya yang dikembangkan, dioperasikan dan/atau disediakan oleh PT CAZH Teknologi Inovasi (“CARDS” atau “Kami”).
Istilah dan Pengertian
“Akun” berarti kumpulan informasi mengenai Anda yang disampaikan kepada CARDS sehubungan dengan penggunaan Layanan CARDS yang digunakan oleh CARDS untuk membedakan satu Pengguna dari Pengguna lainnya. Dalam Akun, Pengguna dapat melakukan pengaturan, melihat riwayat transaksi yang dilakukan oleh Pengguna selama menggunakan Layanan CARDS dan/atau menyampaikan perubahan Data Pengguna.
“Anda” atau “Pengguna” merujuk pada orang perorangan yang telah mendaftar dan terverifikasi oleh CARDS sebagai Pengguna. Untuk menghindari keragu-raguan, sesuai dengan konteksnya, Anda merujuk pada setiap pihak yang disebutkan sebelumnya yang belum terverifikasi sebagai Pengguna.
“Aplikasi CARDS” berarti aplikasi mobile kartu digital, kasir digital dan aplikasi web dasbor manajemen sekolah, dan lainnya yang dikembangkan, dioperasikan dan/atau disediakan oleh CARDS dan yang dikenal dengan merek dagang CARDS CARDS.
“Biaya Layanan CARDS” berarti biaya yang dapat dikenakan oleh CARDS kepada Pengguna atas penggunaan Layanan CARDS.
“Customer Due Diligence” atau “CDD” berarti proses uji tuntas pelanggan sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku yang dilakukan oleh CARDS terhadap Anda.
“Dana” berarti sejumlah uang milik Pengguna yang berada pada Saldo atau Rekening Bank Milik Pengguna untuk digunakan untuk bertransaksi sesuai dengan Layanan CARDS yang dipilih.
“Data” atau “Informasi” merujuk pada setiap data, informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang, dari waktu ke waktu, Anda atau Pengguna sampaikan kepada CARDS atau yang Anda atau Pengguna cantumkan atau sampaikan dalam, pada, atau melalui Aplikasi CARDS termasuk tetapi tidak terbatas pada data pada Akun berupa nama, alamat email, dan/atau nomor telepon yang dihasilkan atau diperoleh dari pengaksesan Aplikasi CARDS dan/atau penggunaan Layanan CARDS.
“Fitur” berarti suatu fungsi atau kemampuan khusus dalam suatu Layanan CARDS yang diciptakan, dikembangkan dan/atau dikelola oleh CARDS, serta dapat digunakan, dinikmati dan/atau dimanfaatkan oleh Pengguna melalui Platform CARDS.
“CARDS” sesuai konteksnya merujuk kepada PT CAZH Teknologi Inovasi atau “CARDS” sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Terdaftar di Kemkominfo RI No. 000570.01/DJAI.PSE/04/2021 tanggal 26 April 2021 dan No. 000570.02/DJAI.PSE/05/2021 tanggal 7 Mei 2021 atau merek dagang CARDS, CARDS, atau CARDS CARDS.
“Hari Kerja” berarti hari pada kalender masehi, selain hari Sabtu, Minggu, hari libur resmi nasional, dan hari lainnya yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai hari libur nasional, dimana bank di Indonesia beroperasi secara komersial.
“CARDSPOIN” merujuk pada Fitur dalam Aplikasi CARDS yang menampung saldo pengguna aplikasi CARDS.
“Layanan” sesuai konteksnya merujuk pada masing-masing layanan yang tercakup dalam Layanan CARDS termasuk didalamnya adalah setiap dan/atau seluruh Fitur yang tersedia.
“Layanan CARDS” berarti segala layanan yang dapat diakses oleh Pengguna melalui Aplikasi CARDS termasuk di dalamnya adalah, Aplikasi CARDS Kartu Digital (Apps), Aplikasi CARDS POS (Apps), Aplikasi CARDS POS Lite (Apps), Aplikasi web dasbor CARDS, atau layanan-layanan lain yang mungkin dioperasikan, disediakan, ditawarkan, dan dibuat tersedia diubah dan/atau ditambahkan dari waktu ke waktu oleh CARDS sendiri atau bersama-sama dengan Mitra CARDS.
“Mitra CARDS” berarti pihak ketiga yang bekerjasama dengan CARDS baik langsung maupun tidak langsung, termasuk namun tidak terbatas pada bank, penyelenggara sistem pembayaran dan/atau pihak lainnya, yang membantu CARDS dalam penyediaan Layanan CARDS sesuai dengan perizinan yang telah didapatkannya dan/atau Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku.
“Partner CARDS” berarti pihak ketiga yang bekerjasama dengan CARDS sebagai lembaga, organisasi dan/atau badan hukum yang memiliki anggota sebagai Pengguna Layanan CARDS.
“Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku” berarti setiap produk pengaturan pemerintah Indonesia baik di tingkat nasional, provisional, kabupaten/kota, dan tingkat pemerintahan lokal lainnya serta peraturan instansi-instansi dan badan pemerintahan lainnya termasuk kebijakan-kebijakan tertulis dan tidak tertulis dari instansi-instansi dan badan-badan pemerintahan tersebut.
“Perintah” merujuk pada setiap dan semua perintah atas suatu Transaksi yang dibuat dan diberikan oleh Pengguna kepada CARDS untuk melakukan suatu Transaksi sesuai dengan Layanan CARDS yang tersedia.
“CARDS POIN” merujuk pada saldo uang elektronik milik Pengguna dalam Aplikasi CARDS yang dapat digunakan untuk melakukan Transaksi dan yang dioperasikan oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan CARDS.
“Transaksi (Apps)” berarti sesuai dengan konteksnya, masing-masing dari Transaksi Isi Kartu (Apps), Pembelian CARDSPOIN (Apps), Pembelian produk digital termasuk namun tidak terbatas pada Pulsa, Paket Data, Pembayaran Tagihan dan/atau transaksi lainnya sesuai dengan Layanan yang diberikan oleh CARDS dalam Aplikasi CARDS.
“Transaksi Mencurigakan” merujuk pada setiap dan semua Transaksi yang CARDS ketahui dengan sendirinya atau melalui laporan dari Mitra CARDS atau pihak ketiga manapun, dan/atau yang CARDS nilai berdasarkan diskresinya sendiri, merupakan suatu transaksi yang diduga melanggar atau mempunyai indikasi pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan CARDS ini, syarat dan ketentuan Mitra CARDS dan/atau Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada, penipuan, pencucian uang, pencurian uang, dan/atau pendanaan terorisme.
Pendaftaran Akun dan Proses Verifikasi
Anda harus berusia 17 (tujuh belas) tahun ke atas dan cakap secara hukum untuk dapat membuat Akun pada Aplikasi CARDS. Bagi Anda yang belum dewasa atau yang berada di bawah pengampuan maka Anda tidak diperkenankan menggunakan Layanan CARDS yang tersedia pada Aplikasi CARDS tanpa pendampingan dan persetujuan wali Anda. Bagi Anda yang belum/tidak cakap secara hukum, segala tindakan Anda akan menjadi tanggung jawab pengampu dan/atau perwakilan Anda yang sah.
Pembuatan Akun dilakukan dengan cara mendaftarkan diri Anda melalui Aplikasi CARDS dengan menyampaikan informasi sebagai berikut:
nama lengkap;
nomor telepon;
alamat email; dan
kata sandi.
CARDS akan mengirimkan OTP melalui SMS atau Whatsapp Anda sesuai dengan pilihan Anda untuk dimasukan ke dalam Aplikasi CARDS. Setelah memasukan OTP, Anda akan diminta untuk membuat PIN.
CARDS akan melakukan verifikasi kelengkapan informasi persyaratan sebagaimana dimaksud di atas dalam jangka waktu 1x24 (satu kali dua puluh empat) jam sejak Anda menyampaikan semua informasi tersebut. CARDS dapat meminta informasi tambahan atau meminta Anda mengirimkan ulang informasi yang telah disampaikan apabila informasi yang Anda sampaikan sebelumnya tidak jelas, kurang lengkap, dan/atau tidak dapat dibaca. Apabila verifikasi telah berhasil dilakukan, status Anda sudah berubah menjadi Pengguna.
CARDS berhak dan berwenang secara penuh untuk menolak permohonan verifikasi Akun Anda apabila hasil CDD yang dilakukan CARDS dan/atau Mitra CARDS menyatakan informasi yang Anda sampaikan belum benar dan/atau lengkap atau CARDS tidak diperkenankan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku untuk menyediakan Layanan CARDS kepada Anda. CARDS (selama diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku) tidak berkewajiban memberikan alasan penolakan permohonan verifikasi Akun Anda.
Dalam hal Akun Anda telah terdaftar pada Aplikasi CARDS, Anda tidak dapat melakukan pendaftaran Akun berikutnya dengan menggunakan data pribadi yang sama dengan Akun pertama yang Anda telah daftarkan kecuali jika CARDS memberi izin tertulis kepada Anda untuk melakukan hal tersebut.
Ketentuan Umum Penggunaan Akun
Biaya Layanan CARDS
CARDS dapat mengenakan Biaya Layanan untuk masing-masing Layanan CARDS yang digunakan oleh Pengguna.
Biaya Layanan Transaksi ditetapkan oleh CARDS dan disetujui bersama dengan Partner CARDS, termasuk namun tidak terbatas pada:
Biaya Layanan CARDS lainnya yang belum ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan CARDS ini dapat diatur dalam syarat dan ketentuan khusus yang merupakan turunan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan CARDS ini.
CARDS dapat mengubah Biaya Layanan CARDS sewaktu-waktu dan akan memberitahukan kepada Pengguna atas perubahan tersebut melalui media yang ditetapkan oleh CARDS.
Selain dari pada Biaya Layanan CARDS yang diatur dalam pasal ini, CARDS dapat, sepanjang diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, melakukan perjumpaan atas kewajiban pembayaran Layanan CARDS yang terutang oleh Pengguna dengan Saldo yang dimiliki oleh Pengguna.
Transaksi Gagal, Pembatalan Transaksi dan Pengembalian Uang
Tindakan-Tindakan yang Dilarang
Pengguna hanya dapat mengakses Aplikasi CARDS dan menggunakan Layanan CARDS beserta setiap dan segala Fitur yang tersedia untuk kepentingan usahanya tanpa melanggar Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku atau hak pihak ketiga manapun. Pada saat mengakses Aplikasi CARDS dan/atau menggunakan Layanan CARDS beserta segala setiap dan segala Fitur yang ada di dalamnya, Pengguna dilarang untuk:
dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atau penyadapan atas transmisi informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik atau informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik milik CARDS, Partner CARDS atau Pengguna lainnya;
dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apapun mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan atau menyembunyikan suatu informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang tertera pada Aplikasi CARDS baik yang bersifat pribadi atau publik;
dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan tindakan yang berakibat terganggunya akses ke Aplikasi CARDS;
dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan sublisensi, memproduksi, menjual, mengadakan untuk digunakan oleh pihak lain, mendistribusikan, menyediakan atau mengakui kepemilikan Aplikasi CARDS, Layanan CARDS, Fitur, Materi, atau hak kekayaan intelektual lainnya milik CARDS;
dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, perubahan, penghilangan, pengrusakan sebagian atau seluruh Aplikasi CARDS;
memanfaatkan Aplikasi CARDS, Layanan CARDS dan/atau Fitur untuk melakukan Transaksi yang mengandung unsur penipuan atau melanggar hak pihak ketiga serta melanggar ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku;
menggunakan program atau melakukan sesuatu yang dapat mengakses, mencari atau mendapatkan informasi yang bukan merupakan hak Pengguna dari Aplikasi CARDS;
mengganggu keberlangsungan atau merusak server atau jaringan yang terhubung dengan Aplikasi CARDS atau mengabaikan standar prosedur, aturan atau Perundang-undangan yang Berlaku terhadap koneksi internet;
mencoba mengakses bagian dari Aplikasi CARDS yang mana Pengguna tidak mempunyai hak untuk melakukan akses terhadapnya;
melakukan tindakan plagiarisme atas Materi yang terdapat pada Aplikasi CARDS;
melakukan atau berusaha melakukan reverse engineer, dekompilasi, pembongkaran terhadap kode pemrograman atau algoritma atau struktur yang terdapat di dalam Aplikasi CARDS atau yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mengganggu atau merusak sistem operasional Aplikasi CARDS;
melakukan, menyuruh, turut serta, memberi bantuan atau memberi kesempatan untuk melakukan aktivitas yang melanggar Hukum Yang Berlaku, melanggar Syarat dan Ketentuan CARDS ini, melanggar hak pihak ketiga, atau beritikad buruk selama mengakses Aplikasi CARDS; dan/atau
melakukan tindakan apapun, termasuk dalam atau melalui Aplikasi CARDS, yang dapat merusak atau mengganggu reputasi CARDS.
menggunakan emulator dan/atau software sejenis lainnya, sepanjang diartikan sebagai alat yang mampu meniru atau emulasi perilaku program atau aplikasi yang kompatibel pada suatu perangkat agar bisa dijalankan pada perangkat lain, dalam mengakses atau menggunakan Aplikasi CARDS, Layanan CARDS, dan/atau Fitur.
CARDS memiliki hak untuk menggugat secara perdata maupun melakukan proses hukum secara pidana atas seluruh perbuatan yang dilarang sebagaimana dimaksud dalam pasal ini maupun Syarat dan Ketentuan CARDS ini secara keseluruhan.
Perlindungan Data
Kepatuhan Terhadap Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku
Dengan tidak mengesampingkan kewajiban pemenuhan kepatuhan lainnya, CARDS senantiasa:
berupaya untuk mematuhi segala ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku termasuk namun tidak terbatas pada pelaksanaan CDD dan EDD. Sehubungan dengan hal tersebut, CARDS dapat sewaktu-waktu meminta Data tambahan apabila menurut diskresi CARDS dirasakan perlu sehubungan dengan pemenuhan kewajiban CDD dan EDD oleh CARDS.
melakukan: (i) pemeriksaan calon Pengguna dengan merujuk kepada daftar hitam yang CARDS kembangkan sendiri dan/atau yang dikeluarkan oleh pihak-pihak berwenang baik yang bersifat nasional maupun internasional, (ii) pengawasan transaksi Pengguna, dan (iii) melakukan pelaporan Transaksi kepada Regulator yang Berwenang sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku.
berkomitmen untuk melarang dan tidak melakukan praktek penyuapan atau korupsi dalam bentuk apapun termasuk namun tidak terbatas pada pemberian, penerimaan atau mengizinkan tindakan suap. Pegawai CARDS dilarang untuk memberi atau menerima suap atau pembayaran illegal lainnya atau berpartisipasi baik langsung maupun tidak langsung dalam praktik suap kepada pejabat pemerintah dan/atau pihak manapun.
Upaya pemenuhan kepatuhan terhadap Peraturan perundang-undangan yang Berlaku tidak terbatas terhadap CARDS, dalam hal ini Mitra CARDS (termasuk Mitra Luar Negeri) memiliki hak dan kewajiban yang serupa dengan CARDS.
Setiap Transaksi yang pelaksanaannya atau penerusannya dilakukan CARDS dengan bekerja sama dengan Mitra CARDS (termasuk Mitra Luar Negeri) dapat ditinjau kembali oleh Mitra CARDS (termasuk Mitra Luar Negeri) dan/atau penyelenggara penerus akhir (“Tinjauan Kepatuhan Mitra CARDS”). Jika Tim Kepatuhan (Compliance Team) dari Mitra CARDS (termasuk Mitra Luar Negeri) dan/atau penyelenggara penerus akhir membutuhkan informasi lebih lanjut terkait informasi Pengguna dan/atau Penerima Dana, CARDS akan menghubungi Pengguna untuk melengkapi informasi yang diminta berdasarkan Tinjauan Kepatuhan Mitra CARDS tersebut. Transaksi dari Pengguna bersangkutan baru akan dilaksanakan dan/atau diteruskan setelah proses Tinjauan Kepatuhan Mitra CARDS selesai.
Pernyataan dan Jaminan
Pengguna dengan tanpa syarat menyatakan dan menjamin sebagai berikut
Pembatasan Hak Akses dan Akun, Penangguhan Layanan, dan Penutupan Akun
CARDS dengan diskresinya sendiri dapat melakukan pembatasan hak akses Pengguna terhadap Aplikasi CARDS serta Akun dan/atau penangguhan Layanan CARDS untuk sementara waktu atau untuk seterusnya tanpa pemberitahuan terlebih dahulu oleh karena sebab-sebab sebagai berikut (“Sebab Penangguhan”):
pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan CARDS ini yang dilakukan dari Akun Pengguna;
pelanggaran terhadap Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku yang dilakukan dari Akun Pengguna;
adanya dugaan Transaksi Mencurigakan baik yang diketahui oleh CARDS, Mitra CARDS, dan/atau Regulator yang Berwenang; dan/atau
alasan lain yang berpotensi merugikan CARDS baik secara langsung maupun tidak langsung.
Selama dalam pembatasan akses dan/atau penangguhan Layanan CARDS, Pengguna tidak dapat menggunakan Layanan CARDS dan setiap serta semua Perintah yang telah diberikan kepada CARDS sebelumnya tidak akan dijalankan selama Pengguna berada dalam masa pembatasan akses dan/atau penangguhan layanan.
Selain pembatasan akses dan/atau penangguhan Layanan CARDS sebagaimana yang disebabkan oleh Sebab Penangguhan di atas, CARDS dapat sewaktu-waktu melakukan pembatasan akses dan/atau penangguhan Layanan CARDS berdasarkan perintah dari Regulator yang Berwenang.
Selama diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, CARDS akan memberitahukan melalui email kepada Pengguna perihal pembatasan akses dan/atau penangguhan Layanan CARDS serta sebab dilakukannya hal tersebut. Berdasarkan hasil pemeriksaan yang CARDS lakukan, CARDS dapat memutuskan untuk: (i) mengangkat pembatasan akses dan penangguhan Layanan CARDS dan mengembalikan hal-hal tersebut seperti sediakala, atau (ii) menghentikan akses serta Layanan CARDS secara permanen. Pengguna memahami bahwa seluruh kerugian yang diderita oleh Pengguna selama pembatasan akses dan penangguhan layanan merupakan tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.
Dengan tidak mengesampingkan ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan CARDS ini, CARDS berhak untuk melakukan penutupan atas Akun Pengguna untuk jangka waktu tertentu atau untuk seterusnya berdasarkan pertimbangan atau keputusan yang CARDS anggap tepat berdasarkan diskresinya sendiri, berdasarkan sebagai berikut:
permintaan resmi dari Pengguna melalui jalur pengaduan resmi (“Bantuan”) pada Aplikasi CARDS dan/atau detail kontak pada Kontak CARDS;
terdapat indikasi Transaksi Mencurigakan yang dilakukan oleh Pengguna, baik berdasarkan informasi, pengawasan, penelusuran dan/atau laporan yang CARDS terima dan/atau berdasarkan pengawasan dan/atau penelusuran Mitra CARDS, Regulator yang Berwenang dan/atau pihak ketiga lainnya;
kebijakan CARDS sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku; dan/atau
penghentian kegiatan operasional CARDS karena alasan apapun.
Dalam hal Pengguna meninggal dunia, maka keluarga/ahli waris yang hendak mengajukan penutupan Akun wajib menyampaikan dokumen sebagai berikut melalui jalur Bantuan:
fotokopi Akta Kematian Pengguna;
fotokopi kartu identitas Pengguna;
fotokopi kartu keluarga Pengguna;
fotokopi kartu identitas keluarga/ahli waris yang mengajukan penutupan Akun;
fotokopi kartu keluarga dari keluarga/ahli waris yang mengajukan penutupan Akun; dan
fotokopi keterangan ahli waris yang telah disahkan oleh kelurahan dan kecamatan.
Sehubungan dengan ketentuan yang diatur di atas, CARDS hanya akan melakukan penutupan Akun dan pengembalian Saldo setelah seluruh dokumen persyaratan di atas telah dinyatakan lengkap oleh CARDS. Pengembalian Saldo akan dilakukan paling lambat 30 (tiga puluh) Hari Kerja setelah penutupan Akun dilakukan. Jumlah Saldo yang dikembalikan akan dikurangi oleh Biaya Layanan CARDS yang masih tertunggak atau kewajiban lainnya, kecuali jika berdasarkan pertimbangan CARDS, diperlukan adanya penahanan bagian tertentu dari Saldo sehubungan dengan adanya indikasi dan/atau dugaan Transaksi Mencurigakan. Sehubungan dengan penahanan bagian dari Saldo tersebut, Pengguna memberikan kuasa kepada CARDS dengan hak substitusi dan tidak dapat dicabut kembali untuk melakukan penahanan sebagian dari Saldo tersebut tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna. Untuk menghindari keragu-raguan, minimal pengembalian Saldo yang dapat dilakukan oleh CARDS adalah sebesar Rp.10.000 (sepuluh ribu Rupiah).
Pengguna dengan ini menyatakan bahwa akan membebaskan CARDS dari segala bentuk kerugian, klaim, pengeluaran, kerusakan, kewajiban pembayaran biaya, dan/atau gugatan dalam bentuk apapun sehubungan dengan penutupan Akun dan pengembalian Saldo, termasuk yang diajukan oleh para ahli waris, pelaksana, pengurus atau pihak ketiga manapun yang mewakili Pengguna.
Dalam hal terjadi penutupan Akun dan pengembalian Saldo sebagaimana dimaksud dalam ayat-ayat sebelumnya di atas, Pengguna wajib menyelesaikan seluruh kewajiban Pengguna kepada CARDS yang timbul dan telah ada sebelum penutupan Akun. Pengguna setuju bahwa Syarat dan Ketentuan CARDS ini akan tetap berlaku sampai seluruh kewajiban Pengguna telah dipenuhi.
Sehubungan dengan penutupan Akun Pengguna, Pengguna dan CARDS setuju untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sepanjang mengenai diperlukannya suatu putusan pengadilan untuk penutupan Akun dan/atau pengakhiran Syarat dan Ketentuan CARDS ini.
Pembatasan akses, penangguhan Layanan CARDS dan/atau penutupan Akun untuk sementara waktu atau permanen tidak membatasi hak CARDS untuk menuntut ganti kerugian, melaporkan Pengguna kepada pihak berwenang, dan/atau mengambil tindakan lain yang CARDS anggap perlu untuk melindungi kepentingan CARDS.
Sehubungan dengan program promo, CARDS memiliki kewenangan secara mutlak untuk memilih Pengguna yang dapat mengikuti program promo yang diselenggarakan dan/atau menahan dan/atau membatalkan keikutsertaan Pengguna terhadap program promo tersebut apabila Pengguna diketahui memenuhi kriteria Sebab Penangguhan.
Hak Kekayaan Intelektual
Batasan Tanggung Jawab dan Ganti Rugi
CARDS selalu berupaya untuk menjaga Aplikasi CARDS aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik. Namun, CARDS tidak dapat menjamin bahwa Aplikasi CARDS ini akan beroperasi secara terus-menerus atau selalu dapat diakses dengan sempurna.
CARDS tidak dapat memungkiri terdapat kemungkinan bahwa Aplikasi CARDS sewaktu-waktu tidak dapat diakses, dalam perbaikan, atau mengalami kendala yang memerlukan perbaikan secepatnya oleh CARDS. Penggunaan terhadap Aplikasi CARDS, Layanan CARDS termasuk setiap dan segala Fitur, serta segala Materi yang ada di dalam merupakan risiko Pengguna sendiri. Aplikasi CARDS beserta Layanan CARDS dan termasuk setiap dan segala Fitur didalamnya sediakan bagi Pengguna dalam keadaan "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".
CARDS TIDAK MENJAMIN BAHWA APLIKASI CARDS, LAYANAN CARDS BESERTA SETIAP DAN SEGALA FITUR DI DALAMNYA AKAN SELALU BEROPERASI TANPA TERGANGGU ATAU BAHWA APLIKASI CARDS, LAYANAN CARDS BESERTA FITUR TERSEBUT AKAN SELALU BEBAS DARI CACAT RINGAN ATAU KESALAHAN YANG TIDAK MEMPENGARUHI KINERJANYA SECARA MATERIIL, ATAU BAHWA SEGALA FITUR YANG TERDAPAT PADA APLIKASI CARDS DIRANCANG UNTUK MEMENUHI SEMUA KEBUTUHAN PENGGUNA.
Sepanjang diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, segala kerusakan yang terjadi pada jaringan komputer, telepon seluler, aplikasi, atau perangkat lainnya milik Pengguna akibat penggunaan Aplikasi CARDS merupakan tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.
Sepanjang diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, jangka waktu penerimaan aduan/keluhan dari Pengguna sehubungan dengan Transaksi (Apps) akan dibatasi maksimal 7 (tujuh) Hari Kerja sejak tanggal transaksi berhasil atau sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh masing-masing Mitra CARDS.
Sepanjang diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, CARDS dengan ini tidak bertanggung jawab dalam hal dan bentuk apa pun dan Pengguna setuju untuk melepaskan CARDS dari segala tanggung jawab, tuntutan, permintaan, perintah, ganti kerugian, klaim, pengeluaran, kerusakan, kewajiban pembayaran biaya, dan/atau gugatan dalam bentuk apa pun yang terjadi akibat namun tidak terbatas pada:
(i) hilangnya akses kepada Aplikasi CARDS bukan karena kesalahan CARDS, (ii) hilangnya keuntungan atau pendapatan yang diperkirakan; (ii) hilangnya data bukan karena kesalahan CARDS untuk setiap kasus baik secara langsung maupun tidak langsung;
setiap dan segala kerugian yang bersifat tidak langsung, kerugian immateriil, insidentil, khusus atau konsekuensial, yang timbul dari atau sehubungan dengan penggunaan atau ketidakmampuan untuk mengakses Aplikasi CARDS, menggunakan Layanan CARDS termasuk setiap dan segala Fitur di dalamnya, termasuk namun tidak terbatas pada, setiap kerugian yang diakibatkan olehnya, baik apabila Pengguna telah diberitahu atau tidak tentang kemungkinan kerugian tersebut;
setiap dan segala kesalahan dan/atau kelalaian Pengguna, baik secara langsung maupun tidak langsung dan/atau sengaja maupun tidak disengaja, dalam membuat dan/atau memberikan suatu Perintah, termasuk namun tidak terbatas pada kesalahan pemilihan metode pembayaran, kesalahan jumlah dana, dan Perintah ganda karena kesalahan dan/atau kelalaian Pengguna yang masuk ke dalam sistem CARDS sehingga menyebabkan terjadinya Transaksi ganda atau mutasi tertukar. Oleh karenanya, Pengguna dihimbau untuk selalu memperhatikan dan memeriksa kembali setiap rincian dalam Perintah;
setiap dan segala kelalaian dari Pengguna dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan nama Akun, PIN, kata sandi (password) Akun, kata sandi (password) Transaksi, OTP, kode rahasia dan/atau kode sistem keamanan lainnya yang berfungsi untuk mengotentifikasi suatu tindakan yang dilakukan oleh Pengguna;
setiap dan segala keadaan dimana tidak terlaksananya Transaksi karena kurangnya dan/atau kelalaian Pengguna dalam membayar nominal Transaksi, poin loyalitas, dan Biaya Layanan CARDS ke sistem CARDS berdasarkan Perintah yang telah dibuat sebelumnya oleh Pengguna;
setiap dan segala keadaan dimana tidak diteruskannya suatu Transaksi, karena jika diteruskan akan melanggar suatu ketentuan dalam Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku;
setiap dan segala kesalahan, kelalaian, dan/atau keterlambatan pemrosesan Transaksi (Apps) yang disebabkan oleh sistem/operasional yang dimiliki dan dikelola oleh Mitra CARDS;
adanya permintaan atau kebijakan Mitra CARDS untuk tidak dapat meneruskan suatu Transaksi yang disebabkan oleh analisa resiko kemungkinan terjadinya suatu pelanggaran Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku;
adanya perintah dari Pemerintah atau berdasarkan suatu ketentuan dalam Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, yang mewajibkan CARDS untuk menghentikan pemrosesan suatu Transaksi;
ketidakakuratan, ketidaktepatan dan/atau ketidak lengkapannya setiap dan semua Data yang disampaikan oleh Pengguna kepada CARDS;
kelalaian dan/atau kesalahan baik sengaja maupun tidak disengaja, baik secara langsung maupun tidak langsung dan/atau yang dilakukan Pengguna selama mengakses Aplikasi CARDS dan/atau menggunakan Layanan CARDS beserta setiap dan segala Fitur yang ada di dalamnya yang mengakibatkan, termasuk namun tidak terbatas pada, pengaksesan Aplikasi CARDS secara tidak sah dan penggunaan Layanan CARDS yang tidak berwenang;
pengaksesan Aplikasi CARDS dan/atau penggunaan Layanan CARDS beserta setiap dan segala Fitur didalamnya yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan CARDS ini maupun ketentuan turunan lainnya (apabila ada);
gangguan, bug, ketidakakuratan serta kecacatan yang ada pada Aplikasi CARDS sepanjang CARDS telah melaksanakan upaya wajar yang diperlukan untuk memperbaiki Aplikasi CARDS;
virus ataupun hal berbahaya lainnya yang diperoleh dengan mengakses Aplikasi CARDS;
peretasan yang dilakukan pihak ketiga terhadap Aplikasi CARDS dan/atau Akun Pengguna; dan/atau
kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan CARDS termasuk namun tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem kliring atau hal lainnya yang ditetapkan Pemerintah.
CARDS tidak bertanggung jawab atas kesalahan Transaksi (termasuk namun tidak terbatas pada kesalahan penulisan nomor kartu digital milik Pengguna, atau jumlah nominal) dan HANYA AKAN MELAKUKAN TINDAKAN-TINDAKAN PERBANTUAN SECARA WAJAR kepada Pengguna dalam menyelesaikan permasalahan yang mungkin timbul atas kesalahan Pengguna tersebut.
PENGGUNA MENGAKUI DAN SETUJU BAHWA DALAM HAL TERDAPAT KERUGIAN YANG DIDERITA OLEH PENGGUNA DALAM PENGGUNAAN LAYANAN CARDS YANG TELAH TERBUKTI DISEBABKAN OLEH KESALAHAN ATAU KELALAIAN CARDS, MAKA KEWAJIBAN CARDS KEPADA PENGGUNA ATAU KEPADA PIHAK KETIGA YANG MENDERITA KERUGIAN TERSEBUT HANYA AKAN TERBATAS PADA JUMLAH BIAYA TRANSAKSI YANG TELAH DIBAYARKAN.
Dengan tidak mengesampingkan ketentuan lainnya pada Syarat dan Ketentuan CARDS ini, Pengguna setuju untuk melepaskan CARDS (termasuk afiliasi, direktur, komisaris, pemegang saham, pejabat, karyawan, agen, dan/atau perwakilannya yang sah) dari tanggung jawab atas ganti kerugian, klaim, pengeluaran, kewajiban pembayaran biaya, gugatan, dan/atau tuntutan apa pun dari pihak ketiga manapun sehubungan dengan pengaksesan Aplikasi CARDS dan/atau penggunaan Layanan CARDS yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan CARDS ini. 10. Untuk keperluan pasal ini, afiliasi berarti (i) dalam kaitannya dengan badan hukum: pihak lain yang, secara langsung atau tidak langsung mengontrol, berada di bawah kontrol bersama dengan atau dikontrol secara langsung atau tidak langsung oleh CARDS, atau (ii) dalam kaitannya dengan individu, siapapun yang mempunyai hubungan kerja atau bertindak sebagai wakil atau kuasa dari CARDS.
Penyelesaian Perselisihan
Risiko Penggunaan Layanan CARDS
Pengguna memahami bahwa terdapat kemungkinan akan adanya resiko penipuan yang mengatasnamakan CARDS. Oleh karena itu, CARDS mengingatkan Pengguna untuk selalu berhati-hati dalam menerima informasi dan menjaga keamanan Data serta Akun Pengguna dari segala tindak kejahatan dengan:
Kontak CARDS
Lain-lain
Diperbaharui pada tanggal: 13 Desember 2023