Syarat dan Ketentuan

Diperbaharui pada tanggal: 13 Desember 2023

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi CARDS (“Syarat dan Ketentuan CARDS”) ini mengatur syarat dan ketentuan untuk pengaksesan Aplikasi CARDS (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) dan/atau penggunaan Layanan CARDS (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) oleh Anda (“Anda” atau “Pengguna”) termasuk setiap dan semua Fitur (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) yang ada di dalamnya yang dikembangkan, dioperasikan dan/atau disediakan oleh PT CAZH Teknologi Inovasi (“CARDS” atau “Kami”).

Istilah dan Pengertian

  1. Akun” berarti kumpulan informasi mengenai Anda yang disampaikan kepada CARDS sehubungan dengan penggunaan Layanan CARDS yang digunakan oleh CARDS untuk membedakan satu Pengguna dari Pengguna lainnya. Dalam Akun, Pengguna dapat melakukan pengaturan, melihat riwayat transaksi yang dilakukan oleh Pengguna selama menggunakan Layanan CARDS dan/atau menyampaikan perubahan Data Pengguna.

  2. Anda” atau “Pengguna” merujuk pada orang perorangan yang telah mendaftar dan terverifikasi oleh CARDS sebagai Pengguna. Untuk menghindari keragu-raguan, sesuai dengan konteksnya, Anda merujuk pada setiap pihak yang disebutkan sebelumnya yang belum terverifikasi sebagai Pengguna.

  3. Aplikasi CARDS” berarti aplikasi mobile kartu digital, kasir digital dan aplikasi web dasbor manajemen sekolah, dan lainnya yang dikembangkan, dioperasikan dan/atau disediakan oleh CARDS dan yang dikenal dengan merek dagang CARDS CARDS.

  4. Biaya Layanan CARDS” berarti biaya yang dapat dikenakan oleh CARDS kepada Pengguna atas penggunaan Layanan CARDS.

  5. Customer Due Diligence” atau “CDD” berarti proses uji tuntas pelanggan sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku yang dilakukan oleh CARDS terhadap Anda.

  6. Dana” berarti sejumlah uang milik Pengguna yang berada pada Saldo atau Rekening Bank Milik Pengguna untuk digunakan untuk bertransaksi sesuai dengan Layanan CARDS yang dipilih.

  7. Data” atau “Informasi” merujuk pada setiap data, informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang, dari waktu ke waktu, Anda atau Pengguna sampaikan kepada CARDS atau yang Anda atau Pengguna cantumkan atau sampaikan dalam, pada, atau melalui Aplikasi CARDS termasuk tetapi tidak terbatas pada data pada Akun berupa nama, alamat email, dan/atau nomor telepon yang dihasilkan atau diperoleh dari pengaksesan Aplikasi CARDS dan/atau penggunaan Layanan CARDS.

  8. Fitur” berarti suatu fungsi atau kemampuan khusus dalam suatu Layanan CARDS yang diciptakan, dikembangkan dan/atau dikelola oleh CARDS, serta dapat digunakan, dinikmati dan/atau dimanfaatkan oleh Pengguna melalui Platform CARDS.

  9. CARDS” sesuai konteksnya merujuk kepada PT CAZH Teknologi Inovasi atau “CARDS” sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Terdaftar di Kemkominfo RI No. 000570.01/DJAI.PSE/04/2021 tanggal 26 April 2021 dan No. 000570.02/DJAI.PSE/05/2021 tanggal 7 Mei 2021 atau merek dagang CARDS, CARDS, atau CARDS CARDS.

  10. Hari Kerja” berarti hari pada kalender masehi, selain hari Sabtu, Minggu, hari libur resmi nasional, dan hari lainnya yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai hari libur nasional, dimana bank di Indonesia beroperasi secara komersial.

  11. CARDSPOIN” merujuk pada Fitur dalam Aplikasi CARDS yang menampung saldo pengguna aplikasi CARDS.

  12. Layanan” sesuai konteksnya merujuk pada masing-masing layanan yang tercakup dalam Layanan CARDS termasuk didalamnya adalah setiap dan/atau seluruh Fitur yang tersedia.

  13. Layanan CARDS” berarti segala layanan yang dapat diakses oleh Pengguna melalui Aplikasi CARDS termasuk di dalamnya adalah, Aplikasi CARDS Kartu Digital (Apps), Aplikasi CARDS POS (Apps), Aplikasi CARDS POS Lite (Apps), Aplikasi web dasbor CARDS, atau layanan-layanan lain yang mungkin dioperasikan, disediakan, ditawarkan, dan dibuat tersedia diubah dan/atau ditambahkan dari waktu ke waktu oleh CARDS sendiri atau bersama-sama dengan Mitra CARDS.

  14. Mitra CARDS” berarti pihak ketiga yang bekerjasama dengan CARDS baik langsung maupun tidak langsung, termasuk namun tidak terbatas pada bank, penyelenggara sistem pembayaran dan/atau pihak lainnya, yang membantu CARDS dalam penyediaan Layanan CARDS sesuai dengan perizinan yang telah didapatkannya dan/atau Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku.

  15. Partner CARDS” berarti pihak ketiga yang bekerjasama dengan CARDS sebagai lembaga, organisasi dan/atau badan hukum yang memiliki anggota sebagai Pengguna Layanan CARDS.

  16. Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku” berarti setiap produk pengaturan pemerintah Indonesia baik di tingkat nasional, provisional, kabupaten/kota, dan tingkat pemerintahan lokal lainnya serta peraturan instansi-instansi dan badan pemerintahan lainnya termasuk kebijakan-kebijakan tertulis dan tidak tertulis dari instansi-instansi dan badan-badan pemerintahan tersebut.

  17. Perintah” merujuk pada setiap dan semua perintah atas suatu Transaksi yang dibuat dan diberikan oleh Pengguna kepada CARDS untuk melakukan suatu Transaksi sesuai dengan Layanan CARDS yang tersedia.

  18. CARDS POIN” merujuk pada saldo uang elektronik milik Pengguna dalam Aplikasi CARDS yang dapat digunakan untuk melakukan Transaksi dan yang dioperasikan oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan CARDS.

  19. Transaksi (Apps)” berarti sesuai dengan konteksnya, masing-masing dari Transaksi Isi Kartu (Apps), Pembelian CARDSPOIN (Apps), Pembelian produk digital termasuk namun tidak terbatas pada Pulsa, Paket Data, Pembayaran Tagihan dan/atau transaksi lainnya sesuai dengan Layanan yang diberikan oleh CARDS dalam Aplikasi CARDS.

  20. Transaksi Mencurigakan” merujuk pada setiap dan semua Transaksi yang CARDS ketahui dengan sendirinya atau melalui laporan dari Mitra CARDS atau pihak ketiga manapun, dan/atau yang CARDS nilai berdasarkan diskresinya sendiri, merupakan suatu transaksi yang diduga melanggar atau mempunyai indikasi pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan CARDS ini, syarat dan ketentuan Mitra CARDS dan/atau Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada, penipuan, pencucian uang, pencurian uang, dan/atau pendanaan terorisme.

Pendaftaran Akun dan Proses Verifikasi

  1. Anda harus berusia 17 (tujuh belas) tahun ke atas dan cakap secara hukum untuk dapat membuat Akun pada Aplikasi CARDS. Bagi Anda yang belum dewasa atau yang berada di bawah pengampuan maka Anda tidak diperkenankan menggunakan Layanan CARDS yang tersedia pada Aplikasi CARDS tanpa pendampingan dan persetujuan wali Anda. Bagi Anda yang belum/tidak cakap secara hukum, segala tindakan Anda akan menjadi tanggung jawab pengampu dan/atau perwakilan Anda yang sah.

  2. Pembuatan Akun dilakukan dengan cara mendaftarkan diri Anda melalui Aplikasi CARDS dengan menyampaikan informasi sebagai berikut:

    • nama lengkap;

    • nomor telepon;

    • alamat email; dan

    • kata sandi.

  3. CARDS akan mengirimkan OTP melalui SMS atau Whatsapp Anda sesuai dengan pilihan Anda untuk dimasukan ke dalam Aplikasi CARDS. Setelah memasukan OTP, Anda akan diminta untuk membuat PIN.

  4. CARDS akan melakukan verifikasi kelengkapan informasi persyaratan sebagaimana dimaksud di atas dalam jangka waktu 1x24 (satu kali dua puluh empat) jam sejak Anda menyampaikan semua informasi tersebut. CARDS dapat meminta informasi tambahan atau meminta Anda mengirimkan ulang informasi yang telah disampaikan apabila informasi yang Anda sampaikan sebelumnya tidak jelas, kurang lengkap, dan/atau tidak dapat dibaca. Apabila verifikasi telah berhasil dilakukan, status Anda sudah berubah menjadi Pengguna.

  5. CARDS berhak dan berwenang secara penuh untuk menolak permohonan verifikasi Akun Anda apabila hasil CDD yang dilakukan CARDS dan/atau Mitra CARDS menyatakan informasi yang Anda sampaikan belum benar dan/atau lengkap atau CARDS tidak diperkenankan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku untuk menyediakan Layanan CARDS kepada Anda. CARDS (selama diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku) tidak berkewajiban memberikan alasan penolakan permohonan verifikasi Akun Anda.

  6. Dalam hal Akun Anda telah terdaftar pada Aplikasi CARDS, Anda tidak dapat melakukan pendaftaran Akun berikutnya dengan menggunakan data pribadi yang sama dengan Akun pertama yang Anda telah daftarkan kecuali jika CARDS memberi izin tertulis kepada Anda untuk melakukan hal tersebut.

Ketentuan Umum Penggunaan Akun

  1. Pengguna akan bertanggung jawab sepenuhnya atas keamanan dan kerahasiaan Akun beserta Data yang ada didalamnya, termasuk namun tidak terbatas pada, nama Akun, e-mail, dan kata sandi (password) atau PIN Pengguna serta kode verifikasi yang dihasilkan dan dikirimkan oleh sistem CARDS atau Mitra CARDS kepada Pengguna.
  2. Pengguna membebaskan CARDS dari segala tanggung jawab, tuntutan, permintaan, perintah, ganti kerugian, klaim, pengeluaran, kerusakan, kewajiban pembayaran biaya, dan/atau gugatan apapun yang mungkin timbul atas penyalahgunaan Akun yang diakibatkan oleh kelalaian, kesalahan dan/atau penyalahgunaan Akun oleh Pengguna. Apabila terdapat indikasi penyalahgunaan atas Akun, Pengguna diharuskan untuk sesegera mungkin menghubungi CARDS guna meminta bantuan CARDS (melalui fitur Kontak CARDS pada Aplikasi CARDS atau sarana komunikasi lainnya yang CARDS dapat sediakan dari waktu ke waktu) untuk memeriksa, menangguhkan, atau menghentikan penyalahgunaan akses terhadap Akun yang relevan.
  3. CARDS memiliki hak untuk menangguhkan sebagian atau keseluruhan Layanan CARDS termasuk membekukan Akun dalam hal adanya suatu dugaan, potensi dan/atau indikasi adanya pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan CARDS ini, syarat dan ketentuan Mitra CARDS (apabila berlaku), dan/atau Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku.
  4. CARDS, selama diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, tidak berkewajiban untuk memberitahukan alasan menangguhkan sebagian atau keseluruhan Layanan CARDS atau pembekuan Akun sebagaimana dimaksud di atas.

Biaya Layanan CARDS

  1. CARDS dapat mengenakan Biaya Layanan untuk masing-masing Layanan CARDS yang digunakan oleh Pengguna.

  2. Biaya Layanan Transaksi ditetapkan oleh CARDS dan disetujui bersama dengan Partner CARDS, termasuk namun tidak terbatas pada:

    • biaya isi kartu, sebesar minimal Rp1.000 (seribu rupiah)
  3. Biaya Layanan CARDS lainnya yang belum ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan CARDS ini dapat diatur dalam syarat dan ketentuan khusus yang merupakan turunan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan CARDS ini.

  4. CARDS dapat mengubah Biaya Layanan CARDS sewaktu-waktu dan akan memberitahukan kepada Pengguna atas perubahan tersebut melalui media yang ditetapkan oleh CARDS.

  5. Selain dari pada Biaya Layanan CARDS yang diatur dalam pasal ini, CARDS dapat, sepanjang diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, melakukan perjumpaan atas kewajiban pembayaran Layanan CARDS yang terutang oleh Pengguna dengan Saldo yang dimiliki oleh Pengguna.

Transaksi Gagal, Pembatalan Transaksi dan Pengembalian Uang

  1. Pengguna mengetahui terdapat kemungkinan, karena satu dan lain hal, suatu Transaksi tidak dapat diproses atau dilaksanakan sehingga harus dinyatakan sebagai transaksi gagal.
  2. Dalam hal terjadi suatu Transaksi gagal, maka CARDS dapat mengembalikan Dana yang digunakan untuk bertransaksi oleh Pengguna ke dalam CARDSPOIN Pengguna selama tidak melebihi limit yang ditentukan berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan yang Berlaku untuk menerima pengembalian Dana
  3. Setiap dan segala permintaan untuk pengembalian Dana kepada Pengguna akibat transaksi gagal dan/atau permintaan pembatalan yang disetujui oleh CARDS dapat tunduk pada pembatasan yang ditetapkan oleh Mitra CARDS baik berupa jangka waktu penyampaian pembatalan dan/atau jumlah Dana yang dapat dibatalkan.

Tindakan-Tindakan yang Dilarang

  1. Pengguna hanya dapat mengakses Aplikasi CARDS dan menggunakan Layanan CARDS beserta setiap dan segala Fitur yang tersedia untuk kepentingan usahanya tanpa melanggar Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku atau hak pihak ketiga manapun. Pada saat mengakses Aplikasi CARDS dan/atau menggunakan Layanan CARDS beserta segala setiap dan segala Fitur yang ada di dalamnya, Pengguna dilarang untuk:

    • dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atau penyadapan atas transmisi informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik atau informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik milik CARDS, Partner CARDS atau Pengguna lainnya;

    • dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apapun mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan atau menyembunyikan suatu informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang tertera pada Aplikasi CARDS baik yang bersifat pribadi atau publik;

    • dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan tindakan yang berakibat terganggunya akses ke Aplikasi CARDS;

    • dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan sublisensi, memproduksi, menjual, mengadakan untuk digunakan oleh pihak lain, mendistribusikan, menyediakan atau mengakui kepemilikan Aplikasi CARDS, Layanan CARDS, Fitur, Materi, atau hak kekayaan intelektual lainnya milik CARDS;

    • dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, perubahan, penghilangan, pengrusakan sebagian atau seluruh Aplikasi CARDS;

    • memanfaatkan Aplikasi CARDS, Layanan CARDS dan/atau Fitur untuk melakukan Transaksi yang mengandung unsur penipuan atau melanggar hak pihak ketiga serta melanggar ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku;

    • menggunakan program atau melakukan sesuatu yang dapat mengakses, mencari atau mendapatkan informasi yang bukan merupakan hak Pengguna dari Aplikasi CARDS;

    • mengganggu keberlangsungan atau merusak server atau jaringan yang terhubung dengan Aplikasi CARDS atau mengabaikan standar prosedur, aturan atau Perundang-undangan yang Berlaku terhadap koneksi internet;

    • mencoba mengakses bagian dari Aplikasi CARDS yang mana Pengguna tidak mempunyai hak untuk melakukan akses terhadapnya;

    • melakukan tindakan plagiarisme atas Materi yang terdapat pada Aplikasi CARDS;

    • melakukan atau berusaha melakukan reverse engineer, dekompilasi, pembongkaran terhadap kode pemrograman atau algoritma atau struktur yang terdapat di dalam Aplikasi CARDS atau yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mengganggu atau merusak sistem operasional Aplikasi CARDS;

    • melakukan, menyuruh, turut serta, memberi bantuan atau memberi kesempatan untuk melakukan aktivitas yang melanggar Hukum Yang Berlaku, melanggar Syarat dan Ketentuan CARDS ini, melanggar hak pihak ketiga, atau beritikad buruk selama mengakses Aplikasi CARDS; dan/atau

    • melakukan tindakan apapun, termasuk dalam atau melalui Aplikasi CARDS, yang dapat merusak atau mengganggu reputasi CARDS.

    • menggunakan emulator dan/atau software sejenis lainnya, sepanjang diartikan sebagai alat yang mampu meniru atau emulasi perilaku program atau aplikasi yang kompatibel pada suatu perangkat agar bisa dijalankan pada perangkat lain, dalam mengakses atau menggunakan Aplikasi CARDS, Layanan CARDS, dan/atau Fitur.

  2. CARDS memiliki hak untuk menggugat secara perdata maupun melakukan proses hukum secara pidana atas seluruh perbuatan yang dilarang sebagaimana dimaksud dalam pasal ini maupun Syarat dan Ketentuan CARDS ini secara keseluruhan.

Perlindungan Data

  1. CARDS akan selalu menjaga data pribadi Pengguna dengan mengacu pada Syarat dan Ketentuan CARDS ini dan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku.
  2. Ketentuan lebih lanjut mengenai keamanan data pribadi Pengguna dapat diakses melalui Kebijakan Privasi CARDS yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan CARDS ini.

Kepatuhan Terhadap Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku

  1. Dengan tidak mengesampingkan kewajiban pemenuhan kepatuhan lainnya, CARDS senantiasa:

    • berupaya untuk mematuhi segala ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku termasuk namun tidak terbatas pada pelaksanaan CDD dan EDD. Sehubungan dengan hal tersebut, CARDS dapat sewaktu-waktu meminta Data tambahan apabila menurut diskresi CARDS dirasakan perlu sehubungan dengan pemenuhan kewajiban CDD dan EDD oleh CARDS.

    • melakukan: (i) pemeriksaan calon Pengguna dengan merujuk kepada daftar hitam yang CARDS kembangkan sendiri dan/atau yang dikeluarkan oleh pihak-pihak berwenang baik yang bersifat nasional maupun internasional, (ii) pengawasan transaksi Pengguna, dan (iii) melakukan pelaporan Transaksi kepada Regulator yang Berwenang sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku.

    • berkomitmen untuk melarang dan tidak melakukan praktek penyuapan atau korupsi dalam bentuk apapun termasuk namun tidak terbatas pada pemberian, penerimaan atau mengizinkan tindakan suap. Pegawai CARDS dilarang untuk memberi atau menerima suap atau pembayaran illegal lainnya atau berpartisipasi baik langsung maupun tidak langsung dalam praktik suap kepada pejabat pemerintah dan/atau pihak manapun.

  2. Upaya pemenuhan kepatuhan terhadap Peraturan perundang-undangan yang Berlaku tidak terbatas terhadap CARDS, dalam hal ini Mitra CARDS (termasuk Mitra Luar Negeri) memiliki hak dan kewajiban yang serupa dengan CARDS.

  3. Setiap Transaksi yang pelaksanaannya atau penerusannya dilakukan CARDS dengan bekerja sama dengan Mitra CARDS (termasuk Mitra Luar Negeri) dapat ditinjau kembali oleh Mitra CARDS (termasuk Mitra Luar Negeri) dan/atau penyelenggara penerus akhir (“Tinjauan Kepatuhan Mitra CARDS”). Jika Tim Kepatuhan (Compliance Team) dari Mitra CARDS (termasuk Mitra Luar Negeri) dan/atau penyelenggara penerus akhir membutuhkan informasi lebih lanjut terkait informasi Pengguna dan/atau Penerima Dana, CARDS akan menghubungi Pengguna untuk melengkapi informasi yang diminta berdasarkan Tinjauan Kepatuhan Mitra CARDS tersebut. Transaksi dari Pengguna bersangkutan baru akan dilaksanakan dan/atau diteruskan setelah proses Tinjauan Kepatuhan Mitra CARDS selesai.

Pernyataan dan Jaminan

Pengguna dengan tanpa syarat menyatakan dan menjamin sebagai berikut

  1. Pengguna merupakan pihak yang cakap secara hukum (tidak cacat hukum; termasuk cukup umur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2.1), tidak dalam kondisi dipaksa atau diancam (tidak cacat kehendak), mempunyai kuasa dan kewenangan untuk sepakat, tunduk pada, mengikatkan diri serta melaksanakan seluruh hak dan kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan CARDS ini.
  2. Dana yang digunakan untuk bertransaksi tidak diperoleh secara melawan hukum atau berhubungan dengan tindak pidana termasuk namun tidak terbatas pada tindakan pencurian uang, penipuan dalam bentuk apapun, pencucian uang, hasil korupsi, hasil perjudian, illegal logging, dan tindak pidana lainnya berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, serta Pengguna memiliki hak atau kewenangan untuk membuat dan/atau memberikan Perintah.
  3. Seluruh Data baik yang telah Pengguna sampaikan atau cantumkan maupun yang akan Pengguna sampaikan atau cantumkan di kemudian hari atau dari waktu ke waktu adalah benar, lengkap, akurat, terkini dan tidak menyesatkan serta tidak melanggar hak (termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual) atau kepentingan pihak manapun. Penyampaian Data oleh Pengguna kepada CARDS atau melalui Aplikasi CARDS tidak bertentangan dengan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain dimana Pengguna merupakan pihak di dalamnya.
  4. Pengguna dengan ini bertanggung jawab sepenuhnya atas kelengkapan dan kebenaran atas setiap Data yang Pengguna berikan kepada CARDS, serta wajib bertanggung jawab secara perdata maupun pidana, apabila terdapat pernyataan yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya.
  5. Pengguna dengan ini melepaskan CARDS dari segala bentuk tanggung jawab dan wajib mengganti seluruh kerugian yang CARDS alami atas penggunaan Aplikasi CARDS untuk tindakan yang melanggar Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada pencurian uang, penipuan dalam bentuk apapun, pencucian uang, hasil korupsi, hasil perjudian, illegal logging, dan tindak pidana lainnya berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku.
  6. Pengguna memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Pengguna yang dibuat melalui Aplikasi CARDS dan yang diterima oleh CARDS akan diperlakukan sebagai suatu komunikasi dan instruksi yang sah dari Pengguna. Oleh karenanya, Pengguna setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan CARDS dari segala bentuk kerugian, klaim, pengeluaran, kerusakan, kewajiban pembayaran, biaya, dan/atau gugatan dalam bentuk apapun sehubungan dengan pelaksanaan suatu Perintah.
  7. Pengguna memahami dan bertanggung jawab bahwa penggunaan Layanan CARDS tidak akan digunakan untuk tujuan yang bertentangan dengan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada peraturan perundang-undangan tentang tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme, sehingga Pengguna memahami bahwa segala bentuk kerugian yang timbul akibat pelanggaran ketentuan ini akan menjadi tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.

Pembatasan Hak Akses dan Akun, Penangguhan Layanan, dan Penutupan Akun

  1. CARDS dengan diskresinya sendiri dapat melakukan pembatasan hak akses Pengguna terhadap Aplikasi CARDS serta Akun dan/atau penangguhan Layanan CARDS untuk sementara waktu atau untuk seterusnya tanpa pemberitahuan terlebih dahulu oleh karena sebab-sebab sebagai berikut (“Sebab Penangguhan”):

    • pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan CARDS ini yang dilakukan dari Akun Pengguna;

    • pelanggaran terhadap Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku yang dilakukan dari Akun Pengguna;

    • adanya dugaan Transaksi Mencurigakan baik yang diketahui oleh CARDS, Mitra CARDS, dan/atau Regulator yang Berwenang; dan/atau

    • alasan lain yang berpotensi merugikan CARDS baik secara langsung maupun tidak langsung.

  2. Selama dalam pembatasan akses dan/atau penangguhan Layanan CARDS, Pengguna tidak dapat menggunakan Layanan CARDS dan setiap serta semua Perintah yang telah diberikan kepada CARDS sebelumnya tidak akan dijalankan selama Pengguna berada dalam masa pembatasan akses dan/atau penangguhan layanan.

  3. Selain pembatasan akses dan/atau penangguhan Layanan CARDS sebagaimana yang disebabkan oleh Sebab Penangguhan di atas, CARDS dapat sewaktu-waktu melakukan pembatasan akses dan/atau penangguhan Layanan CARDS berdasarkan perintah dari Regulator yang Berwenang.

  4. Selama diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, CARDS akan memberitahukan melalui email kepada Pengguna perihal pembatasan akses dan/atau penangguhan Layanan CARDS serta sebab dilakukannya hal tersebut. Berdasarkan hasil pemeriksaan yang CARDS lakukan, CARDS dapat memutuskan untuk: (i) mengangkat pembatasan akses dan penangguhan Layanan CARDS dan mengembalikan hal-hal tersebut seperti sediakala, atau (ii) menghentikan akses serta Layanan CARDS secara permanen. Pengguna memahami bahwa seluruh kerugian yang diderita oleh Pengguna selama pembatasan akses dan penangguhan layanan merupakan tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.

  5. Dengan tidak mengesampingkan ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan CARDS ini, CARDS berhak untuk melakukan penutupan atas Akun Pengguna untuk jangka waktu tertentu atau untuk seterusnya berdasarkan pertimbangan atau keputusan yang CARDS anggap tepat berdasarkan diskresinya sendiri, berdasarkan sebagai berikut:

    • permintaan resmi dari Pengguna melalui jalur pengaduan resmi (“Bantuan”) pada Aplikasi CARDS dan/atau detail kontak pada Kontak CARDS;

    • terdapat indikasi Transaksi Mencurigakan yang dilakukan oleh Pengguna, baik berdasarkan informasi, pengawasan, penelusuran dan/atau laporan yang CARDS terima dan/atau berdasarkan pengawasan dan/atau penelusuran Mitra CARDS, Regulator yang Berwenang dan/atau pihak ketiga lainnya;

    • kebijakan CARDS sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku; dan/atau

    • penghentian kegiatan operasional CARDS karena alasan apapun.

  6. Dalam hal Pengguna meninggal dunia, maka keluarga/ahli waris yang hendak mengajukan penutupan Akun wajib menyampaikan dokumen sebagai berikut melalui jalur Bantuan:

    • fotokopi Akta Kematian Pengguna;

    • fotokopi kartu identitas Pengguna;

    • fotokopi kartu keluarga Pengguna;

    • fotokopi kartu identitas keluarga/ahli waris yang mengajukan penutupan Akun;

    • fotokopi kartu keluarga dari keluarga/ahli waris yang mengajukan penutupan Akun; dan

    • fotokopi keterangan ahli waris yang telah disahkan oleh kelurahan dan kecamatan.

  7. Sehubungan dengan ketentuan yang diatur di atas, CARDS hanya akan melakukan penutupan Akun dan pengembalian Saldo setelah seluruh dokumen persyaratan di atas telah dinyatakan lengkap oleh CARDS. Pengembalian Saldo akan dilakukan paling lambat 30 (tiga puluh) Hari Kerja setelah penutupan Akun dilakukan. Jumlah Saldo yang dikembalikan akan dikurangi oleh Biaya Layanan CARDS yang masih tertunggak atau kewajiban lainnya, kecuali jika berdasarkan pertimbangan CARDS, diperlukan adanya penahanan bagian tertentu dari Saldo sehubungan dengan adanya indikasi dan/atau dugaan Transaksi Mencurigakan. Sehubungan dengan penahanan bagian dari Saldo tersebut, Pengguna memberikan kuasa kepada CARDS dengan hak substitusi dan tidak dapat dicabut kembali untuk melakukan penahanan sebagian dari Saldo tersebut tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna. Untuk menghindari keragu-raguan, minimal pengembalian Saldo yang dapat dilakukan oleh CARDS adalah sebesar Rp.10.000 (sepuluh ribu Rupiah).

  8. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa akan membebaskan CARDS dari segala bentuk kerugian, klaim, pengeluaran, kerusakan, kewajiban pembayaran biaya, dan/atau gugatan dalam bentuk apapun sehubungan dengan penutupan Akun dan pengembalian Saldo, termasuk yang diajukan oleh para ahli waris, pelaksana, pengurus atau pihak ketiga manapun yang mewakili Pengguna.

  9. Dalam hal terjadi penutupan Akun dan pengembalian Saldo sebagaimana dimaksud dalam ayat-ayat sebelumnya di atas, Pengguna wajib menyelesaikan seluruh kewajiban Pengguna kepada CARDS yang timbul dan telah ada sebelum penutupan Akun. Pengguna setuju bahwa Syarat dan Ketentuan CARDS ini akan tetap berlaku sampai seluruh kewajiban Pengguna telah dipenuhi.

  10. Sehubungan dengan penutupan Akun Pengguna, Pengguna dan CARDS setuju untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sepanjang mengenai diperlukannya suatu putusan pengadilan untuk penutupan Akun dan/atau pengakhiran Syarat dan Ketentuan CARDS ini.

  11. Pembatasan akses, penangguhan Layanan CARDS dan/atau penutupan Akun untuk sementara waktu atau permanen tidak membatasi hak CARDS untuk menuntut ganti kerugian, melaporkan Pengguna kepada pihak berwenang, dan/atau mengambil tindakan lain yang CARDS anggap perlu untuk melindungi kepentingan CARDS.

  12. Sehubungan dengan program promo, CARDS memiliki kewenangan secara mutlak untuk memilih Pengguna yang dapat mengikuti program promo yang diselenggarakan dan/atau menahan dan/atau membatalkan keikutsertaan Pengguna terhadap program promo tersebut apabila Pengguna diketahui memenuhi kriteria Sebab Penangguhan.

Hak Kekayaan Intelektual

  1. Unsur dari masing-masing Aplikasi CARDS, Fitur, nama, nama dagang, logo, nuansa, tampilan, tulisan, gambar, video, konten, kode pemrograman, layanan dan materi lainnya dan/atau gabungan unsur dari hal-hal yang disebutkan sebelumnya yang disediakan oleh CARDS (“Materi”) dilindungi oleh hak kekayaan intelektual berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku. Seluruh hak kekayaan intelektual dari Materi adalah milik CARDS seluruhnya dan CARDS memberikan Pengguna lisensi non-eksklusif yang terbatas, tidak dapat dijual dan tidak dapat dialihkan untuk menggunakan Materi semata-mata dan secara wajar untuk keperluan melaksanakan Syarat dan Ketentuan CARDS ini.
  2. Pengguna dilarang untuk menyalin, mengubah, mencetak, mengadaptasi, menerjemahkan, menciptakan karya tiruan dari, mendistribusikan, memberi lisensi kepada pihak manapun, menjual, memindahkan, menggandakan, membuat karya turunan, menyiarkan lewat media online maupun offline, membongkar, atau mengeksploitasi bagian mana pun dari Materi untuk keperluannya sendiri dan/atau keperluan di luar dari pelaksanaan Syarat dan Ketentuan CARDS ini.
  3. Jika CARDS menemukan adanya indikasi/dugaan pelanggaran Syarat dan Ketentuan CARDS ini khususnya perihal hak kekayaan intelektual, CARDS berhak untuk melakukan investigasi lebih lanjut, mengakhiri akses Pengguna terhadap Aplikasi CARDS beserta Layanan CARDS dan setiap dan segala Fitur yang ada di dalamnya, serta melakukan upaya hukum lainnya untuk menindaklanjuti indikasi/dugaan pelanggaran tersebut.

Batasan Tanggung Jawab dan Ganti Rugi

  1. CARDS selalu berupaya untuk menjaga Aplikasi CARDS aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik. Namun, CARDS tidak dapat menjamin bahwa Aplikasi CARDS ini akan beroperasi secara terus-menerus atau selalu dapat diakses dengan sempurna.

  2. CARDS tidak dapat memungkiri terdapat kemungkinan bahwa Aplikasi CARDS sewaktu-waktu tidak dapat diakses, dalam perbaikan, atau mengalami kendala yang memerlukan perbaikan secepatnya oleh CARDS. Penggunaan terhadap Aplikasi CARDS, Layanan CARDS termasuk setiap dan segala Fitur, serta segala Materi yang ada di dalam merupakan risiko Pengguna sendiri. Aplikasi CARDS beserta Layanan CARDS dan termasuk setiap dan segala Fitur didalamnya sediakan bagi Pengguna dalam keadaan "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".

  3. CARDS TIDAK MENJAMIN BAHWA APLIKASI CARDS, LAYANAN CARDS BESERTA SETIAP DAN SEGALA FITUR DI DALAMNYA AKAN SELALU BEROPERASI TANPA TERGANGGU ATAU BAHWA APLIKASI CARDS, LAYANAN CARDS BESERTA FITUR TERSEBUT AKAN SELALU BEBAS DARI CACAT RINGAN ATAU KESALAHAN YANG TIDAK MEMPENGARUHI KINERJANYA SECARA MATERIIL, ATAU BAHWA SEGALA FITUR YANG TERDAPAT PADA APLIKASI CARDS DIRANCANG UNTUK MEMENUHI SEMUA KEBUTUHAN PENGGUNA.

  4. Sepanjang diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, segala kerusakan yang terjadi pada jaringan komputer, telepon seluler, aplikasi, atau perangkat lainnya milik Pengguna akibat penggunaan Aplikasi CARDS merupakan tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.

  5. Sepanjang diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, jangka waktu penerimaan aduan/keluhan dari Pengguna sehubungan dengan Transaksi (Apps) akan dibatasi maksimal 7 (tujuh) Hari Kerja sejak tanggal transaksi berhasil atau sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh masing-masing Mitra CARDS.

  6. Sepanjang diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, CARDS dengan ini tidak bertanggung jawab dalam hal dan bentuk apa pun dan Pengguna setuju untuk melepaskan CARDS dari segala tanggung jawab, tuntutan, permintaan, perintah, ganti kerugian, klaim, pengeluaran, kerusakan, kewajiban pembayaran biaya, dan/atau gugatan dalam bentuk apa pun yang terjadi akibat namun tidak terbatas pada:

    • (i) hilangnya akses kepada Aplikasi CARDS bukan karena kesalahan CARDS, (ii) hilangnya keuntungan atau pendapatan yang diperkirakan; (ii) hilangnya data bukan karena kesalahan CARDS untuk setiap kasus baik secara langsung maupun tidak langsung;

    • setiap dan segala kerugian yang bersifat tidak langsung, kerugian immateriil, insidentil, khusus atau konsekuensial, yang timbul dari atau sehubungan dengan penggunaan atau ketidakmampuan untuk mengakses Aplikasi CARDS, menggunakan Layanan CARDS termasuk setiap dan segala Fitur di dalamnya, termasuk namun tidak terbatas pada, setiap kerugian yang diakibatkan olehnya, baik apabila Pengguna telah diberitahu atau tidak tentang kemungkinan kerugian tersebut;

    • setiap dan segala kesalahan dan/atau kelalaian Pengguna, baik secara langsung maupun tidak langsung dan/atau sengaja maupun tidak disengaja, dalam membuat dan/atau memberikan suatu Perintah, termasuk namun tidak terbatas pada kesalahan pemilihan metode pembayaran, kesalahan jumlah dana, dan Perintah ganda karena kesalahan dan/atau kelalaian Pengguna yang masuk ke dalam sistem CARDS sehingga menyebabkan terjadinya Transaksi ganda atau mutasi tertukar. Oleh karenanya, Pengguna dihimbau untuk selalu memperhatikan dan memeriksa kembali setiap rincian dalam Perintah;

    • setiap dan segala kelalaian dari Pengguna dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan nama Akun, PIN, kata sandi (password) Akun, kata sandi (password) Transaksi, OTP, kode rahasia dan/atau kode sistem keamanan lainnya yang berfungsi untuk mengotentifikasi suatu tindakan yang dilakukan oleh Pengguna;

    • setiap dan segala keadaan dimana tidak terlaksananya Transaksi karena kurangnya dan/atau kelalaian Pengguna dalam membayar nominal Transaksi, poin loyalitas, dan Biaya Layanan CARDS ke sistem CARDS berdasarkan Perintah yang telah dibuat sebelumnya oleh Pengguna;

    • setiap dan segala keadaan dimana tidak diteruskannya suatu Transaksi, karena jika diteruskan akan melanggar suatu ketentuan dalam Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku;

    • setiap dan segala kesalahan, kelalaian, dan/atau keterlambatan pemrosesan Transaksi (Apps) yang disebabkan oleh sistem/operasional yang dimiliki dan dikelola oleh Mitra CARDS;

    • adanya permintaan atau kebijakan Mitra CARDS untuk tidak dapat meneruskan suatu Transaksi yang disebabkan oleh analisa resiko kemungkinan terjadinya suatu pelanggaran Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku;

    • adanya perintah dari Pemerintah atau berdasarkan suatu ketentuan dalam Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, yang mewajibkan CARDS untuk menghentikan pemrosesan suatu Transaksi;

    • ketidakakuratan, ketidaktepatan dan/atau ketidak lengkapannya setiap dan semua Data yang disampaikan oleh Pengguna kepada CARDS;

    • kelalaian dan/atau kesalahan baik sengaja maupun tidak disengaja, baik secara langsung maupun tidak langsung dan/atau yang dilakukan Pengguna selama mengakses Aplikasi CARDS dan/atau menggunakan Layanan CARDS beserta setiap dan segala Fitur yang ada di dalamnya yang mengakibatkan, termasuk namun tidak terbatas pada, pengaksesan Aplikasi CARDS secara tidak sah dan penggunaan Layanan CARDS yang tidak berwenang;

    • pengaksesan Aplikasi CARDS dan/atau penggunaan Layanan CARDS beserta setiap dan segala Fitur didalamnya yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan CARDS ini maupun ketentuan turunan lainnya (apabila ada);

      • gangguan, bug, ketidakakuratan serta kecacatan yang ada pada Aplikasi CARDS sepanjang CARDS telah melaksanakan upaya wajar yang diperlukan untuk memperbaiki Aplikasi CARDS;

      • virus ataupun hal berbahaya lainnya yang diperoleh dengan mengakses Aplikasi CARDS;

      • peretasan yang dilakukan pihak ketiga terhadap Aplikasi CARDS dan/atau Akun Pengguna; dan/atau

      • kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan CARDS termasuk namun tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem kliring atau hal lainnya yang ditetapkan Pemerintah.

  7. CARDS tidak bertanggung jawab atas kesalahan Transaksi (termasuk namun tidak terbatas pada kesalahan penulisan nomor kartu digital milik Pengguna, atau jumlah nominal) dan HANYA AKAN MELAKUKAN TINDAKAN-TINDAKAN PERBANTUAN SECARA WAJAR kepada Pengguna dalam menyelesaikan permasalahan yang mungkin timbul atas kesalahan Pengguna tersebut.

  8. PENGGUNA MENGAKUI DAN SETUJU BAHWA DALAM HAL TERDAPAT KERUGIAN YANG DIDERITA OLEH PENGGUNA DALAM PENGGUNAAN LAYANAN CARDS YANG TELAH TERBUKTI DISEBABKAN OLEH KESALAHAN ATAU KELALAIAN CARDS, MAKA KEWAJIBAN CARDS KEPADA PENGGUNA ATAU KEPADA PIHAK KETIGA YANG MENDERITA KERUGIAN TERSEBUT HANYA AKAN TERBATAS PADA JUMLAH BIAYA TRANSAKSI YANG TELAH DIBAYARKAN.

  9. Dengan tidak mengesampingkan ketentuan lainnya pada Syarat dan Ketentuan CARDS ini, Pengguna setuju untuk melepaskan CARDS (termasuk afiliasi, direktur, komisaris, pemegang saham, pejabat, karyawan, agen, dan/atau perwakilannya yang sah) dari tanggung jawab atas ganti kerugian, klaim, pengeluaran, kewajiban pembayaran biaya, gugatan, dan/atau tuntutan apa pun dari pihak ketiga manapun sehubungan dengan pengaksesan Aplikasi CARDS dan/atau penggunaan Layanan CARDS yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan CARDS ini. 10. Untuk keperluan pasal ini, afiliasi berarti (i) dalam kaitannya dengan badan hukum: pihak lain yang, secara langsung atau tidak langsung mengontrol, berada di bawah kontrol bersama dengan atau dikontrol secara langsung atau tidak langsung oleh CARDS, atau (ii) dalam kaitannya dengan individu, siapapun yang mempunyai hubungan kerja atau bertindak sebagai wakil atau kuasa dari CARDS.

Penyelesaian Perselisihan

  1. Seluruh sengketa, konflik dan/atau perselisihan yang muncul dari atau sehubungan dengan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan CARDS ini diantara CARDS dan Pengguna (“Perselisihan”) akan diselesaikan secara musyawarah dan mufakat dalam waktu 30 (tiga puluh) Hari Kerja sejak Perselisihan tersebut pertama kali diberitahukan oleh salah satu pihak kepada pihak lainnya.
  2. Para pihak wajib untuk merahasiakan segala informasi terkait dengan Perselisihan termasuk namun tidak terbatas pada status dan/atau proses penyelesaiannya dengan tidak menyebarkan, mengumumkan, memberitahukan, membuat tulisan-tulisan terkait adanya Perselisihan tersebut, termasuk tetapi tidak terbatas, melalui media massa (online, cetak, televisi atau media lainnya), sosial media dan/atau media lainnya yang dapat menyudutkan salah satu pihak. Apabila ketentuan di atas dilanggar oleh Pengguna, maka CARDS memiliki hak untuk sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya (selama diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku) menangguhkan, menonaktifkan, dan/atau mengakhiri untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya akses Pengguna kepada Aplikasi CARDS dan/atau Layanan CARDS.
  3. Selama Perselisihan dalam proses penyelesaian, Pengguna wajib untuk tetap melaksanakan kewajiban-kewajiban yang Pengguna harus penuhi menurut Syarat dan Ketentuan CARDS ini.

Risiko Penggunaan Layanan CARDS

Pengguna memahami bahwa terdapat kemungkinan akan adanya resiko penipuan yang mengatasnamakan CARDS. Oleh karena itu, CARDS mengingatkan Pengguna untuk selalu berhati-hati dalam menerima informasi dan menjaga keamanan Data serta Akun Pengguna dari segala tindak kejahatan dengan:

  1. tidak melakukan pengiriman uang ke rekening yang mengatasnamakan CARDS, berdasarkan transaksi isi kartu, pembelian CARDSPOIN, pembayaran tagihan, donasi dan atau transaksi lainnya yang tidak Pengguna buat atau perintahkan sebelumnya;
  2. tidak akan pernah membagikan PIN, kode rahasia, kata sandi (password), maupun kode OTP kepada pihak manapun termasuk CARDS. Pengguna harus selalu berhati-hati dan tidak menanggapi segala bentuk perintah maupun permintaan untuk membagikan PIN, kode rahasia, kata sandi (password), maupun kode OTP Pengguna yang dikirim melalui media apapun baik e-mail, ataupun website atau situs, pesan singkat, maupun telepon;
  3. dalam hal terdapat keperluan untuk menyampaikan pertanyaan, permintaan dan/atau keluhan, hanya akan menghubungi kontak CARDS dengan detail kontak sebagaimana tertera dalam Syarat dan Ketentuan CARDS ini, dan tidak akan menanggapi setiap pihak yang mengatasnamakan CARDS kecuali sebagaimana disebutkan dalam Syarat dan Ketentuan CARDS ini; dan/atau
  4. sesegera mungkin menghubungi dan melaporkan kepada kontak CARDS, dalam hal terjadi kehilangan akses terhadap Akun dan/atau perangkat yang Pengguna gunakan untuk mengakses Aplikasi CARDS untuk melakukan pembekuan Akun guna mencegah terjadinya penyalahgunaan akses terhadap Akun Pengguna.

Kontak CARDS

  1. Dalam hal Pengguna mengalami kendala atau memiliki pertanyaan, permintaan, dan/atau keluhan terkait Akun, Aplikasi CARDS dan/atau Layanan CARDS, Pengguna dapat menghubungi CARDS melalui E-mail: admin@CARDS.id dan nomor telepon sebagaimana yang tertera pada situs web resmi CARDS.
  2. Sebelum menanggapi dan/atau menjawab pertanyaan, permintaan atau keluhan Pengguna, CARDS dan/atau pihak yang ditunjuk CARDS akan terlebih dahulu melakukan verifikasi atas data Pengguna. CARDS dan/atau pihak yang ditunjuknya, berdasarkan kebijakannya sendiri secara penuh, dapat menolak untuk menanggapi dan/atau menjawab pertanyaan, permintaan atau keluhan Pengguna, jika Data yang Pengguna berikan dalam proses verifikasi tersebut tidak sesuai dengan Data yang tersimpan dalam sistem CARDS.

Lain-lain

  1. Syarat dan Ketentuan CARDS ini dibuat, dilaksanakan, tunduk dan ditafsirkan berdasarkan ketentuan hukum Republik Indonesia.
  2. Syarat dan Ketentuan CARDS ini mencakup syarat dan ketentuan serta pengaturan atas pengaksesan Aplikasi CARDS dan penggunaan Layanan CARDS yang berlaku sebagai perjanjian yang sah antara CARDS dan Pengguna. Pengguna tidak dapat mengalihkan hak dan kewajiban Pengguna dalam Syarat dan Ketentuan CARDS ini kepada pihak ketiga manapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu oleh CARDS.
  3. Syarat dan Ketentuan CARDS ini dapat diubah, diamandemen, atau ditambahkan oleh CARDS dari waktu ke waktu tanpa harus memberitahukan terlebih dahulu kepada Pengguna. Syarat dan Ketentuan CARDS yang telah diperbaharui akan diunggah pada Aplikasi CARDS dan/atau pada laman ini untuk dapat diakses oleh Pengguna. Dalam hal terjadi perubahan, amandemen, atau penambahan atas Syarat dan Ketentuan CARDS ini, maka versi terbaru dari Syarat dan Ketentuan CARDS yang terbaru yang akan berlaku. Pengguna CARDS dengan ini setuju untuk tidak mengajukan gugatan, tuntutan, permohonan dan/atau mempersengketakan keberlakukan Syarat dan Ketentuan CARDS atas dasar dilakukannya perubahan, amandemen atau penambahan oleh CARDS. Pengguna diharapkan untuk memeriksa laman ini dari waktu-ke-waktu untuk mengetahui adanya perubahan Syarat dan Ketentuan CARDS. Dengan tetap mengakses Aplikasi CARDS dan/atau menggunakan Layanan CARDS, Pengguna menyatakan telah membaca, mengerti dan setuju untuk mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan CARDS yang telah diubah, diamandemen, atau dibuatkan addendum oleh CARDS.
  4. Syarat dan Ketentuan CARDS ini akan berakhir dengan sendiri dan dinyatakan batal demi hukum dalam hal Anda sebagai calon Pengguna tidak dapat mengakses Aplikasi CARDS dan/atau menggunakan Layanan CARDS dikarenakan Anda dinyatakan tidak memenuhi persyaratan CDD yang ditetapkan oleh CARDS, Mitra CARDS dan/atau Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku untuk dapat mengakses Aplikasi CARDS dan/atau menggunakan Layanan CARDS.
  5. Apabila terdapat ketentuan atau bagian dari Syarat dan Ketentuan CARDS ini yang menjadi tidak sah, tidak dapat diterapkan atau menjadi tidak berlaku, maka ketentuan atau bagian tersebut akan dianggap dihapus dari Syarat dan Ketentuan CARDS ini dan ketentuan lainnya dari Syarat dan Ketentuan CARDS ini akan tetap berlaku sepenuhnya.
  6. Syarat dan Ketentuan CARDS ini dapat diterjemahkan ke bahasa asing selain bahasa Indonesia. Dalam hal, terdapat perbedaan penafsiran antara versi bahasa Indonesia dan versi bahasa asing, maka versi bahasa Indonesia yang akan berlaku dan Pengguna dianjurkan untuk merujuk kepada versi bahasa Indonesia.
  7. Pengguna memahami bahwa Syarat dan Ketentuan CARDS ini dibuat dan dipersiapkan sebagai dokumen elektronik sebagaimana dimaksud oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku. Apabila dikemudian hari Syarat dan Ketentuan CARDS ini dipersyaratkan untuk harus ditandatangani oleh para pihak, maka para pihak sepakat untuk menandatanganinya secara elektronik dan segala biaya yang timbul atas penandatanganan elektronik tersebut akan ditanggung oleh Pengguna dan ditagihkan oleh CARDS.

Diperbaharui pada tanggal: 13 Desember 2023