Diperbaharui pada tanggal: 13 Desember 2023
Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi CARDS EDU ("Syarat dan Ketentuan CARDS EDU") ini mengatur syarat dan ketentuan untuk pengaksesan Aplikasi CARDS EDU (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) dan/atau penggunaan Layanan CARDS EDU (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) oleh Anda ("Anda" atau "Pengguna") termasuk setiap dan semua Fitur (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) yang ada di dalamnya yang dikembangkan, dioperasikan dan/atau disediakan oleh PT CAZH Teknologi Inovasi ("CARDS EDU" atau "Kami").
Istilah dan Pengertian
"Akun" berarti kumpulan informasi mengenai Anda yang disampaikan kepada CARDS EDU sehubungan dengan penggunaan Layanan CARDS EDU yang digunakan oleh CARDS EDU untuk membedakan satu Pengguna dari Pengguna lainnya. Dalam Akun, Pengguna dapat melakukan pengaturan, melihat riwayat transaksi yang dilakukan oleh Pengguna selama menggunakan Layanan CARDS EDU dan/atau menyampaikan perubahan Data Pengguna.
"Anda" atau "Pengguna" merujuk pada orang perorangan yang telah mendaftar dan terverifikasi oleh CARDS EDU sebagai Pengguna. Untuk menghindari keragu-raguan, sesuai dengan konteksnya, Anda merujuk pada setiap pihak yang disebutkan sebelumnya yang belum terverifikasi sebagai Pengguna.
"Aplikasi CARDS EDU" berarti aplikasi mobile siswa dan guru yang dikembangkan, dioperasikan dan/atau disediakan oleh PT CAZH Teknologi Inovasi dan yang dikenal dengan merek dagang CARDS EDU.
"Biaya Layanan CARDS EDU" berarti biaya yang dapat dikenakan oleh CARDS EDU kepada Pengguna atas penggunaan Layanan CARDS EDU.
"Customer Due Diligence" atau "CDD" berarti proses uji tuntas pelanggan sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku yang dilakukan oleh CARDS EDU terhadap Anda.
"Dana" berarti sejumlah uang milik Pengguna yang berada pada Saldo atau Rekening Bank Milik Pengguna untuk digunakan untuk bertransaksi sesuai dengan Layanan CARDS EDU yang dipilih.
"Data" atau "Informasi" merujuk pada setiap data, informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang, dari waktu ke waktu, Anda atau Pengguna sampaikan kepada CARDS EDU atau yang Anda atau Pengguna cantumkan atau sampaikan dalam, pada, atau melalui Aplikasi CARDS EDU termasuk tetapi tidak terbatas pada data pada Akun berupa nama, alamat email, dan/atau nomor telepon yang dihasilkan atau diperoleh dari pengaksesan Aplikasi CARDS EDU dan/atau penggunaan Layanan CARDS EDU.
"Fitur" berarti suatu fungsi atau kemampuan khusus dalam suatu Layanan CARDS EDU yang diciptakan, dikembangkan dan/atau dikelola oleh PT CAZH Teknologi Inovasi, serta dapat digunakan, dinikmati dan/atau dimanfaatkan oleh Pengguna melalui Platform CARDS EDU.
"Hari Kerja" berarti hari pada kalender masehi, selain hari Sabtu, Minggu, hari libur resmi nasional, dan hari lainnya yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai hari libur nasional, dimana bank di Indonesia beroperasi secara komersial.
"Layanan" sesuai konteksnya merujuk pada masing-masing layanan yang tercakup dalam Layanan CARDS EDU termasuk didalamnya adalah setiap dan/atau seluruh Fitur yang tersedia.
"Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku" berarti setiap produk pengaturan pemerintah Indonesia baik di tingkat nasional, provisional, kabupaten/kota, dan tingkat pemerintahan lokal lainnya serta peraturan instansi-instansi dan badan pemerintahan lainnya termasuk kebijakan-kebijakan tertulis dan tidak tertulis dari instansi-instansi dan badan-badan pemerintahan tersebut.
"Perintah" merujuk pada setiap dan semua perintah atas suatu Transaksi yang dibuat dan diberikan oleh Pengguna kepada CARDS EDU untuk melakukan suatu Transaksi sesuai dengan Layanan CARDS EDU yang tersedia.
"Transaksi (Apps)" berarti sesuai dengan konteksnya, masing-masing dari Transaksi Isi Kartu (Apps), Pembelian produk digital termasuk namun tidak terbatas pada Pulsa, Paket Data, Pembayaran Tagihan dan/atau transaksi lainnya sesuai dengan Layanan yang diberikan oleh CARDS EDU dalam Aplikasi CARDS EDU.
"Transaksi Mencurigakan" merujuk pada setiap dan semua Transaksi yang CARDS EDU ketahui dengan sendirinya atau melalui laporan dari Mitra CARDS EDU atau pihak ketiga manapun, dan/atau yang CARDS EDU nilai berdasarkan diskresinya sendiri, merupakan suatu transaksi yang diduga melanggar atau mempunyai indikasi pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan CARDS EDU ini, syarat dan ketentuan Mitra CARDS EDU dan/atau Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada, penipuan, pencucian uang, pencurian uang, dan/atau pendanaan terorisme.
Pendaftaran Akun dan Proses Verifikasi
Anda harus terdaftar disalah satu instansi yang bermitra dengan PT CAZH Teknologi Inovasi untuk dapat membuat Akun pada Aplikasi CARDS EDU. Bagi Anda yang belum atau tidak terdaftar disalah satu instansi yang bermitra dengan PT CAZH Teknologi Inovasi Anda tidak diperkenankan menggunakan Layanan CARDS EDU yang tersedia pada Aplikasi CARDS EDU.
Pembuatan Akun dilakukan dengan cara mendaftarkan diri Anda melalui Aplikasi CARDS EDU dengan menyampaikan informasi sebagai berikut:
nama lengkap;
nomor telepon;
alamat email; dan
kata sandi.
CARDS EDU akan mengirimkan OTP melalui SMS atau Whatsapp Anda sesuai dengan pilihan Anda untuk dimasukan ke dalam Aplikasi CARDS EDU. Setelah memasukan OTP, Anda akan diminta untuk membuat PIN.
CARDS EDU akan melakukan verifikasi kelengkapan informasi persyaratan sebagaimana dimaksud di atas dalam jangka waktu 1x24 (satu kali dua puluh empat) jam sejak Anda menyampaikan semua informasi tersebut. CARDS EDU dapat meminta informasi tambahan atau meminta Anda mengirimkan ulang informasi yang telah disampaikan apabila informasi yang Anda sampaikan sebelumnya tidak jelas, kurang lengkap, dan/atau tidak dapat dibaca. Apabila verifikasi telah berhasil dilakukan, status Anda sudah berubah menjadi Pengguna.
CARDS EDU berhak dan berwenang secara penuh untuk menolak permohonan verifikasi Akun Anda apabila hasil CDD yang dilakukan CARDS EDU dan/atau Mitra CARDS EDU menyatakan informasi yang Anda sampaikan belum benar dan/atau lengkap atau CARDS EDU tidak diperkenankan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku untuk menyediakan Layanan CARDS EDU kepada Anda. CARDS EDU (selama diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku) tidak berkewajiban memberikan alasan penolakan permohonan verifikasi Akun Anda.
Dalam hal Akun Anda telah terdaftar pada Aplikasi CARDS EDU, Anda tidak dapat melakukan pendaftaran Akun berikutnya dengan menggunakan data pribadi yang sama dengan Akun pertama yang Anda telah daftarkan kecuali jika CARDS EDU memberi izin tertulis kepada Anda untuk melakukan hal tersebut.
Ketentuan Umum Penggunaan Akun
Biaya Layanan CARDS EDU
CARDS EDU dapat mengenakan Biaya Layanan untuk masing-masing Layanan CARDS EDU yang digunakan oleh Pengguna.
Biaya Layanan Transaksi ditetapkan oleh CARDS EDU dan disetujui bersama dengan Partner CARDS EDU, termasuk namun tidak terbatas pada:
Biaya Layanan CARDS EDU lainnya yang belum ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan CARDS EDU ini dapat diatur dalam syarat dan ketentuan khusus yang merupakan turunan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan CARDS EDU ini.
CARDS EDU dapat mengubah Biaya Layanan CARDS EDU sewaktu-waktu dan akan memberitahukan kepada Pengguna atas perubahan tersebut melalui media yang ditetapkan oleh CARDS EDU.
Selain dari pada Biaya Layanan CARDS EDU yang diatur dalam pasal ini, CARDS EDU dapat, sepanjang diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, melakukan perjumpaan atas kewajiban pembayaran Layanan CARDS EDU yang terutang oleh Pengguna dengan Saldo yang dimiliki oleh Pengguna.
Transaksi Gagal, Pembatalan Transaksi dan Pengembalian Uang
Tindakan-Tindakan yang Dilarang
Pengguna hanya dapat mengakses Aplikasi CARDS EDU dan menggunakan Layanan CARDS EDU beserta setiap dan segala Fitur yang tersedia untuk kepentingan usahanya tanpa melanggar Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku atau hak pihak ketiga manapun. Pada saat mengakses Aplikasi CARDS EDU dan/atau menggunakan Layanan CARDS EDU beserta segala setiap dan segala Fitur yang ada di dalamnya, Pengguna dilarang untuk:
dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atau penyadapan atas transmisi informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik atau informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik milik CARDS EDU, Partner CARDS EDU atau Pengguna lainnya;
dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apapun mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan atau menyembunyikan suatu informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang tertera pada Aplikasi CARDS EDU baik yang bersifat pribadi atau publik;
dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan tindakan yang berakibat terganggunya akses ke Aplikasi CARDS EDU;
dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan sublisensi, memproduksi, menjual, mengadakan untuk digunakan oleh pihak lain, mendistribusikan, menyediakan atau mengakui kepemilikan Aplikasi CARDS EDU, Layanan CARDS EDU, Fitur, Materi, atau hak kekayaan intelektual lainnya milik CARDS EDU;
dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, perubahan, penghilangan, pengrusakan sebagian atau seluruh Aplikasi CARDS EDU;
memanfaatkan Aplikasi CARDS EDU, Layanan CARDS EDU dan/atau Fitur untuk melakukan Transaksi yang mengandung unsur penipuan atau melanggar hak pihak ketiga serta melanggar ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku;
menggunakan program atau melakukan sesuatu yang dapat mengakses, mencari atau mendapatkan informasi yang bukan merupakan hak Pengguna dari Aplikasi CARDS EDU;
mengganggu keberlangsungan atau merusak server atau jaringan yang terhubung dengan Aplikasi CARDS EDU atau mengabaikan standar prosedur, aturan atau Perundang-undangan yang Berlaku terhadap koneksi internet;
mencoba mengakses bagian dari Aplikasi CARDS EDU yang mana Pengguna tidak mempunyai hak untuk melakukan akses terhadapnya;
melakukan tindakan plagiarisme atas Materi yang terdapat pada Aplikasi CARDS EDU;
melakukan atau berusaha melakukan reverse engineer, dekompilasi, pembongkaran terhadap kode pemrograman atau algoritma atau struktur yang terdapat di dalam Aplikasi CARDS EDU atau yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mengganggu atau merusak sistem operasional Aplikasi CARDS EDU;
melakukan, menyuruh, turut serta, memberi bantuan atau memberi kesempatan untuk melakukan aktivitas yang melanggar Hukum Yang Berlaku, melanggar Syarat dan Ketentuan CARDS EDU ini, melanggar hak pihak ketiga, atau beritikad buruk selama mengakses Aplikasi CARDS EDU; dan/atau
melakukan tindakan apapun, termasuk dalam atau melalui Aplikasi CARDS EDU, yang dapat merusak atau mengganggu reputasi CARDS EDU.
menggunakan emulator dan/atau software sejenis lainnya, sepanjang diartikan sebagai alat yang mampu meniru atau emulasi perilaku program atau aplikasi yang kompatibel pada suatu perangkat agar bisa dijalankan pada perangkat lain, dalam mengakses atau menggunakan Aplikasi CARDS EDU, Layanan CARDS EDU, dan/atau Fitur.
CARDS EDU memiliki hak untuk menggugat secara perdata maupun melakukan proses hukum secara pidana atas seluruh perbuatan yang dilarang sebagaimana dimaksud dalam pasal ini maupun Syarat dan Ketentuan CARDS EDU ini secara keseluruhan.
Perlindungan Data
Kepatuhan Terhadap Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku
Dengan tidak mengesampingkan kewajiban pemenuhan kepatuhan lainnya, CARDS EDU senantiasa:
berupaya untuk mematuhi segala ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku termasuk namun tidak terbatas pada pelaksanaan CDD dan EDD. Sehubungan dengan hal tersebut, CARDS EDU dapat sewaktu-waktu meminta Data tambahan apabila menurut diskresi CARDS EDU dirasakan perlu sehubungan dengan pemenuhan kewajiban CDD dan EDD oleh CARDS EDU.
melakukan: (i) pemeriksaan calon Pengguna dengan merujuk kepada daftar hitam yang CARDS EDU kembangkan sendiri dan/atau yang dikeluarkan oleh pihak-pihak berwenang baik yang bersifat nasional maupun internasional, (ii) pengawasan transaksi Pengguna, dan (iii) melakukan pelaporan Transaksi kepada Regulator yang Berwenang sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku.
berkomitmen untuk melarang dan tidak melakukan praktek penyuapan atau korupsi dalam bentuk apapun termasuk namun tidak terbatas pada pemberian, penerimaan atau mengizinkan tindakan suap. Pegawai CARDS EDU dilarang untuk memberi atau menerima suap atau pembayaran illegal lainnya atau berpartisipasi baik langsung maupun tidak langsung dalam praktik suap kepada pejabat pemerintah dan/atau pihak manapun.
Upaya pemenuhan kepatuhan terhadap Peraturan perundang-undangan yang Berlaku tidak terbatas terhadap CARDS EDU, dalam hal ini Mitra CARDS EDU (termasuk Mitra Luar Negeri) memiliki hak dan kewajiban yang serupa dengan CARDS EDU.
Setiap Transaksi yang pelaksanaannya atau penerusannya dilakukan CARDS EDU dengan bekerja sama dengan Mitra CARDS EDU (termasuk Mitra Luar Negeri) dapat ditinjau kembali oleh Mitra CARDS EDU (termasuk Mitra Luar Negeri) dan/atau penyelenggara penerus akhir ("Tinjauan Kepatuhan Mitra CARDS EDU"). Jika Tim Kepatuhan (Compliance Team) dari Mitra CARDS EDU (termasuk Mitra Luar Negeri) dan/atau penyelenggara penerus akhir membutuhkan informasi lebih lanjut terkait informasi Pengguna dan/atau Penerima Dana, CARDS EDU akan menghubungi Pengguna untuk melengkapi informasi yang diminta berdasarkan Tinjauan Kepatuhan Mitra CARDS EDU tersebut. Transaksi dari Pengguna bersangkutan baru akan dilaksanakan dan/atau diteruskan setelah proses Tinjauan Kepatuhan Mitra CARDS EDU selesai.
Pernyataan dan Jaminan
Pengguna dengan tanpa syarat menyatakan dan menjamin sebagai berikut
Pembatasan Hak Akses dan Akun, Penangguhan Layanan, dan Penutupan Akun
CARDS EDU dengan diskresinya sendiri dapat melakukan pembatasan hak akses Pengguna terhadap Aplikasi CARDS EDU serta Akun dan/atau penangguhan Layanan CARDS EDU untuk sementara waktu atau untuk seterusnya tanpa pemberitahuan terlebih dahulu oleh karena sebab-sebab sebagai berikut ("Sebab Penangguhan"):
pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan CARDS EDU ini yang dilakukan dari Akun Pengguna;
pelanggaran terhadap Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku yang dilakukan dari Akun Pengguna;
adanya dugaan Transaksi Mencurigakan baik yang diketahui oleh CARDS EDU, Mitra CARDS EDU, dan/atau Regulator yang Berwenang; dan/atau
alasan lain yang berpotensi merugikan CARDS EDU baik secara langsung maupun tidak langsung.
Selama dalam pembatasan akses dan/atau penangguhan Layanan CARDS EDU, Pengguna tidak dapat menggunakan Layanan CARDS EDU dan setiap serta semua Perintah yang telah diberikan kepada CARDS EDU sebelumnya tidak akan dijalankan selama Pengguna berada dalam masa pembatasan akses dan/atau penangguhan layanan.
Selain pembatasan akses dan/atau penangguhan Layanan CARDS EDU sebagaimana yang disebabkan oleh Sebab Penangguhan di atas, CARDS EDU dapat sewaktu-waktu melakukan pembatasan akses dan/atau penangguhan Layanan CARDS EDU berdasarkan perintah dari Regulator yang Berwenang.
Selama diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, CARDS EDU akan memberitahukan melalui email kepada Pengguna perihal pembatasan akses dan/atau penangguhan Layanan CARDS EDU serta sebab dilakukannya hal tersebut. Berdasarkan hasil pemeriksaan yang CARDS EDU lakukan, CARDS EDU dapat memutuskan untuk: (i) mengangkat pembatasan akses dan penangguhan Layanan CARDS EDU dan mengembalikan hal-hal tersebut seperti sediakala, atau (ii) menghentikan akses serta Layanan CARDS EDU secara permanen. Pengguna memahami bahwa seluruh kerugian yang diderita oleh Pengguna selama pembatasan akses dan penangguhan layanan merupakan tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.
Dengan tidak mengesampingkan ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan CARDS EDU ini, CARDS EDU berhak untuk melakukan penutupan atas Akun Pengguna untuk jangka waktu tertentu atau untuk seterusnya berdasarkan pertimbangan atau keputusan yang CARDS EDU anggap tepat berdasarkan diskresinya sendiri, berdasarkan sebagai berikut:
permintaan resmi dari Pengguna melalui jalur pengaduan resmi ("Bantuan") pada Aplikasi CARDS EDU dan/atau detail kontak pada Kontak CARDS EDU;
terdapat indikasi Transaksi Mencurigakan yang dilakukan oleh Pengguna, baik berdasarkan informasi, pengawasan, penelusuran dan/atau laporan yang CARDS EDU terima dan/atau berdasarkan pengawasan dan/atau penelusuran Mitra CARDS EDU, Regulator yang Berwenang dan/atau pihak ketiga lainnya;
kebijakan CARDS EDU sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku; dan/atau
penghentian kegiatan operasional CARDS EDU karena alasan apapun.
Dalam hal Pengguna meninggal dunia, maka keluarga/ahli waris yang hendak mengajukan penutupan Akun wajib menyampaikan dokumen sebagai berikut melalui jalur Bantuan:
fotokopi Akta Kematian Pengguna;
fotokopi kartu identitas Pengguna;
fotokopi kartu keluarga Pengguna;
fotokopi kartu identitas keluarga/ahli waris yang mengajukan penutupan Akun;
fotokopi kartu keluarga dari keluarga/ahli waris yang mengajukan penutupan Akun; dan
fotokopi keterangan ahli waris yang telah disahkan oleh kelurahan dan kecamatan.
Sehubungan dengan ketentuan yang diatur di atas, CARDS EDU hanya akan melakukan penutupan Akun dan pengembalian Saldo setelah seluruh dokumen persyaratan di atas telah dinyatakan lengkap oleh CARDS EDU. Pengembalian Saldo akan dilakukan paling lambat 30 (tiga puluh) Hari Kerja setelah penutupan Akun dilakukan. Jumlah Saldo yang dikembalikan akan dikurangi oleh Biaya Layanan CARDS EDU yang masih tertunggak atau kewajiban lainnya, kecuali jika berdasarkan pertimbangan CARDS EDU, diperlukan adanya penahanan bagian tertentu dari Saldo sehubungan dengan adanya indikasi dan/atau dugaan Transaksi Mencurigakan. Sehubungan dengan penahanan bagian dari Saldo tersebut, Pengguna memberikan kuasa kepada CARDS EDU dengan hak substitusi dan tidak dapat dicabut kembali untuk melakukan penahanan sebagian dari Saldo tersebut tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna. Untuk menghindari keragu-raguan, minimal pengembalian Saldo yang dapat dilakukan oleh CARDS EDU adalah sebesar Rp.10.000 (sepuluh ribu Rupiah).
Pengguna dengan ini menyatakan bahwa akan membebaskan CARDS EDU dari segala bentuk kerugian, klaim, pengeluaran, kerusakan, kewajiban pembayaran biaya, dan/atau gugatan dalam bentuk apapun sehubungan dengan penutupan Akun dan pengembalian Saldo, termasuk yang diajukan oleh para ahli waris, pelaksana, pengurus atau pihak ketiga manapun yang mewakili Pengguna.
Dalam hal terjadi penutupan Akun dan pengembalian Saldo sebagaimana dimaksud dalam ayat-ayat sebelumnya di atas, Pengguna wajib menyelesaikan seluruh kewajiban Pengguna kepada CARDS EDU yang timbul dan telah ada sebelum penutupan Akun. Pengguna setuju bahwa Syarat dan Ketentuan CARDS EDU ini akan tetap berlaku sampai seluruh kewajiban Pengguna telah dipenuhi.
Sehubungan dengan penutupan Akun Pengguna, Pengguna dan CARDS EDU setuju untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sepanjang mengenai diperlukannya suatu putusan pengadilan untuk penutupan Akun dan/atau pengakhiran Syarat dan Ketentuan CARDS EDU ini.
Pembatasan akses, penangguhan Layanan CARDS EDU dan/atau penutupan Akun untuk sementara waktu atau permanen tidak membatasi hak CARDS EDU untuk menuntut ganti kerugian, melaporkan Pengguna kepada pihak berwenang, dan/atau mengambil tindakan lain yang CARDS EDU anggap perlu untuk melindungi kepentingan CARDS EDU.
Sehubungan dengan program promo, CARDS EDU memiliki kewenangan secara mutlak untuk memilih Pengguna yang dapat mengikuti program promo yang diselenggarakan dan/atau menahan dan/atau membatalkan keikutsertaan Pengguna terhadap program promo tersebut apabila Pengguna diketahui memenuhi kriteria Sebab Penangguhan.
Hak Kekayaan Intelektual
Batasan Tanggung Jawab dan Ganti Rugi
CARDS EDU selalu berupaya untuk menjaga Aplikasi CARDS EDU aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik. Namun, CARDS EDU tidak dapat menjamin bahwa Aplikasi CARDS EDU ini akan beroperasi secara terus-menerus atau selalu dapat diakses dengan sempurna.
CARDS EDU tidak dapat memungkiri terdapat kemungkinan bahwa Aplikasi CARDS EDU sewaktu-waktu tidak dapat diakses, dalam perbaikan, atau mengalami kendala yang memerlukan perbaikan secepatnya oleh CARDS EDU. Penggunaan terhadap Aplikasi CARDS EDU, Layanan CARDS EDU termasuk setiap dan segala Fitur, serta segala Materi yang ada di dalam merupakan risiko Pengguna sendiri. Aplikasi CARDS EDU beserta Layanan CARDS EDU dan termasuk setiap dan segala Fitur didalamnya sediakan bagi Pengguna dalam keadaan "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".
CARDS EDU TIDAK MENJAMIN BAHWA APLIKASI CARDS EDU, LAYANAN CARDS EDU BESERTA SETIAP DAN SEGALA FITUR DI DALAMNYA AKAN SELALU BEROPERASI TANPA TERGANGGU ATAU BAHWA APLIKASI CARDS EDU, LAYANAN CARDS EDU BESERTA FITUR TERSEBUT AKAN SELALU BEBAS DARI CACAT RINGAN ATAU KESALAHAN YANG TIDAK MEMPENGARUHI KINERJANYA SECARA MATERIIL, ATAU BAHWA SEGALA FITUR YANG TERDAPAT PADA APLIKASI CARDS EDU DIRANCANG UNTUK MEMENUHI SEMUA KEBUTUHAN PENGGUNA.
Sepanjang diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, segala kerusakan yang terjadi pada jaringan komputer, telepon seluler, aplikasi, atau perangkat lainnya milik Pengguna akibat penggunaan Aplikasi CARDS EDU merupakan tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.
Sepanjang diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, jangka waktu penerimaan aduan/keluhan dari Pengguna sehubungan dengan Transaksi (Apps) akan dibatasi maksimal 7 (tujuh) Hari Kerja sejak tanggal transaksi berhasil atau sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh masing-masing Mitra CARDS EDU.
Sepanjang diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, CARDS EDU dengan ini tidak bertanggung jawab dalam hal dan bentuk apa pun dan Pengguna setuju untuk melepaskan CARDS EDU dari segala tanggung jawab, tuntutan, permintaan, perintah, ganti kerugian, klaim, pengeluaran, kerusakan, kewajiban pembayaran biaya, dan/atau gugatan dalam bentuk apa pun yang terjadi akibat namun tidak terbatas pada:
(i) hilangnya akses kepada Aplikasi CARDS EDU bukan karena kesalahan CARDS EDU, (ii) hilangnya keuntungan atau pendapatan yang diperkirakan; (ii) hilangnya data bukan karena kesalahan CARDS EDU untuk setiap kasus baik secara langsung maupun tidak langsung;
setiap dan segala kerugian yang bersifat tidak langsung, kerugian immateriil, insidentil, khusus atau konsekuensial, yang timbul dari atau sehubungan dengan penggunaan atau ketidakmampuan untuk mengakses Aplikasi CARDS EDU, menggunakan Layanan CARDS EDU termasuk setiap dan segala Fitur di dalamnya, termasuk namun tidak terbatas pada, setiap kerugian yang diakibatkan olehnya, baik apabila Pengguna telah diberitahu atau tidak tentang kemungkinan kerugian tersebut;
setiap dan segala kesalahan dan/atau kelalaian Pengguna, baik secara langsung maupun tidak langsung dan/atau sengaja maupun tidak disengaja, dalam membuat dan/atau memberikan suatu Perintah, termasuk namun tidak terbatas pada kesalahan pemilihan metode pembayaran, kesalahan jumlah dana, dan Perintah ganda karena kesalahan dan/atau kelalaian Pengguna yang masuk ke dalam sistem CARDS EDU sehingga menyebabkan terjadinya Transaksi ganda atau mutasi tertukar. Oleh karenanya, Pengguna dihimbau untuk selalu memperhatikan dan memeriksa kembali setiap rincian dalam Perintah;
setiap dan segala kelalaian dari Pengguna dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan nama Akun, PIN, kata sandi (password) Akun, kata sandi (password) Transaksi, OTP, kode rahasia dan/atau kode sistem keamanan lainnya yang berfungsi untuk mengotentifikasi suatu tindakan yang dilakukan oleh Pengguna;
setiap dan segala keadaan dimana tidak terlaksananya Transaksi karena kurangnya dan/atau kelalaian Pengguna dalam membayar nominal Transaksi, poin loyalitas, dan Biaya Layanan CARDS EDU ke sistem CARDS EDU berdasarkan Perintah yang telah dibuat sebelumnya oleh Pengguna;
setiap dan segala keadaan dimana tidak diteruskannya suatu Transaksi, karena jika diteruskan akan melanggar suatu ketentuan dalam Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku;
setiap dan segala kesalahan, kelalaian, dan/atau keterlambatan pemrosesan Transaksi (Apps) yang disebabkan oleh sistem/operasional yang dimiliki dan dikelola oleh Mitra CARDS EDU;
adanya permintaan atau kebijakan Mitra CARDS EDU untuk tidak dapat meneruskan suatu Transaksi yang disebabkan oleh analisa resiko kemungkinan terjadinya suatu pelanggaran Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku;
adanya perintah dari Pemerintah atau berdasarkan suatu ketentuan dalam Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, yang mewajibkan CARDS EDU untuk menghentikan pemrosesan suatu Transaksi;
ketidakakuratan, ketidaktepatan dan/atau ketidak lengkapannya setiap dan semua Data yang disampaikan oleh Pengguna kepada CARDS EDU;
kelalaian dan/atau kesalahan baik sengaja maupun tidak disengaja, baik secara langsung maupun tidak langsung dan/atau yang dilakukan Pengguna selama mengakses Aplikasi CARDS EDU dan/atau menggunakan Layanan CARDS EDU beserta setiap dan segala Fitur yang ada di dalamnya yang mengakibatkan, termasuk namun tidak terbatas pada, pengaksesan Aplikasi CARDS EDU secara tidak sah dan penggunaan Layanan CARDS EDU yang tidak berwenang;
pengaksesan Aplikasi CARDS EDU dan/atau penggunaan Layanan CARDS EDU beserta setiap dan segala Fitur didalamnya yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan CARDS EDU ini maupun ketentuan turunan lainnya (apabila ada);
gangguan, bug, ketidakakuratan serta kecacatan yang ada pada Aplikasi CARDS EDU sepanjang CARDS EDU telah melaksanakan upaya wajar yang diperlukan untuk memperbaiki Aplikasi CARDS EDU;
virus ataupun hal berbahaya lainnya yang diperoleh dengan mengakses Aplikasi CARDS EDU;
peretasan yang dilakukan pihak ketiga terhadap Aplikasi CARDS EDU dan/atau Akun Pengguna; dan/atau
kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan CARDS EDU termasuk namun tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem kliring atau hal lainnya yang ditetapkan Pemerintah.
CARDS EDU tidak bertanggung jawab atas kesalahan Transaksi (termasuk namun tidak terbatas pada kesalahan penulisan nomor kartu digital milik Pengguna, atau jumlah nominal) dan HANYA AKAN MELAKUKAN TINDAKAN-TINDAKAN PERBANTUAN SECARA WAJAR kepada Pengguna dalam menyelesaikan permasalahan yang mungkin timbul atas kesalahan Pengguna tersebut.
PENGGUNA MENGAKUI DAN SETUJU BAHWA DALAM HAL TERDAPAT KERUGIAN YANG DIDERITA OLEH PENGGUNA DALAM PENGGUNAAN LAYANAN CARDS EDU YANG TELAH TERBUKTI DISEBABKAN OLEH KESALAHAN ATAU KELALAIAN CARDS EDU, MAKA KEWAJIBAN CARDS EDU KEPADA PENGGUNA ATAU KEPADA PIHAK KETIGA YANG MENDERITA KERUGIAN TERSEBUT HANYA AKAN TERBATAS PADA JUMLAH BIAYA TRANSAKSI YANG TELAH DIBAYARKAN.
Dengan tidak mengesampingkan ketentuan lainnya pada Syarat dan Ketentuan CARDS EDU ini, Pengguna setuju untuk melepaskan CARDS EDU (termasuk afiliasi, direktur, komisaris, pemegang saham, pejabat, karyawan, agen, dan/atau perwakilannya yang sah) dari tanggung jawab atas ganti kerugian, klaim, pengeluaran, kewajiban pembayaran biaya, gugatan, dan/atau tuntutan apa pun dari pihak ketiga manapun sehubungan dengan pengaksesan Aplikasi CARDS EDU dan/atau penggunaan Layanan CARDS EDU yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan CARDS EDU ini. 10. Untuk keperluan pasal ini, afiliasi berarti (i) dalam kaitannya dengan badan hukum: pihak lain yang, secara langsung atau tidak langsung mengontrol, berada di bawah kontrol bersama dengan atau dikontrol secara langsung atau tidak langsung oleh CARDS EDU, atau (ii) dalam kaitannya dengan individu, siapapun yang mempunyai hubungan kerja atau bertindak sebagai wakil atau kuasa dari CARDS EDU.
Penyelesaian Perselisihan
Risiko Penggunaan Layanan CARDS EDU
Pengguna memahami bahwa terdapat kemungkinan akan adanya resiko penipuan yang mengatasnamakan CARDS EDU. Oleh karena itu, CARDS EDU mengingatkan Pengguna untuk selalu berhati-hati dalam menerima informasi dan menjaga keamanan Data serta Akun Pengguna dari segala tindak kejahatan dengan:
Kontak CARDS EDU
Lain-lain
Diperbaharui pada tanggal: 13 Desember 2023